RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN FASILITAS UMUM TERDEKAT BERBASIS ANDROID DI DENPASAR

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN FASILITAS UMUM TERDEKAT BERBASIS ANDROID DI DENPASAR

Authors

  • Juni Arta I Kadek
  • Eka Indrawan I Putu

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5784814

Keywords:

smartphone, fasilitas umum, kota denpasar, android studio, Google Maps API

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menjadi sangat pesat dengan adanya teknologi smartphone dengan sistem operasi android. Salah satu aplikasi yang banyak diminati adalah aplikasi pencarian fasilitas umum yang saat ini sangat dibutuhkan  untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Kesulitan akan semakin terasa ketika kebutuhan untuk menggunakan fasilitas tersebut bersifat mendesak.

Kota Denpasar salah satu kota terbesar yang memiliki banyak Informasi mengenai fasilitas umum. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah sistem informasi geografis yang diterapkan dalam aplikasi berbasis android dan dikembangkan dengan menggunakan Android Studio. Aplikasi yang dapat menyediakan informasi tentang list dan detail lokasi dari suatu fasilitas umum dan menampilkan titik koordinat lokasidalam peta maps. Proses perancangan peta yang ditampilkan dalam sistem ini menggunakan Google Maps API, perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah Andorid studio sebagai pemrograman.

Hasil yang didapatkan dengan adanya sebuah Sistem informasi geografis ini diharapkan dapat lebih memudahkan dalam memberikan informasi mengenai tata letak fasilitas umum yang berada di kota Denpasar. Informasi yang disajikan pada android ini meliputi informasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU),  rumah makan, bengkel tambal ban dan apotek.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-15