Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5334Keywords:
Model pembelajaran, Experiential Learning, Penalaran Matematis siswa.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pendahuluan yang di lakukan di SMP Negeri 1 Alasa, ditemukan masalah apakah ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi experiment yang berbentuk nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan penalaran matematis siswa, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran experiential learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Alasa, dimana sampel penelitian terdiri dua kelas dengan jumlah siswa 52 orang, dan instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes uraian kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji hipotesis satu pihak, menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran experiential learning.
Downloads
References
Ananda dan Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (teori dan praktik dalam pendidikan). Medan: CV Widia Puspita
Anggreni, A. (2020). Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami). At-Thullab. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2),186-199.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75.
Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62-70. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6080.
Husniah, A., & Azka, R. (2022). Modul matematika dengan model pembelajaran problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.724.
Ibrahim, A., AH, M., Baharuddin, A., & MAA, D. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Fungsi Kuadrat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 663-670. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25p.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.
Lestari dan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Perdana Publishing
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497.
Manik, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Padang Bulan TA 2014/2015. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/469.
Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Nalar Siswa pada Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15(1), 104-113. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053
Mukaromah, Siti., dkk. (2023). Model Pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara
Nurhalin, Y., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 180-192. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1957. Diakses tanggal 19-02-2025.
Nuryadin, ddk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326.
Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: JurnalPendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608.
Rodliyah, Iesyah., et al. (2020). Strategi Experiential Learning Berbasis Karakter. Jombang: Penerbit LPPM Unhasy Tebuireng
Shilphy, Octavia. (2020). Etika Profesi Guru. Yogyakarta: CV Budi Utama
Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumargo, Bagus. (2020). Teknik Sampling. Jakarta: UNJ Press
Ulfah, Zakiah., dkk. (2021). Model Pembelajaran Experiential Learning Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat pada Mata Kuliah Pengembangan Sosial. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.
Yolanda, Dilla Desvi . (2020). Pemahaman Konsep Matematis dengan Metode Discovery. Bogor: Guepedia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.











