Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning

Authors

  • Selestinus Hulu
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5334

Keywords:

Model pembelajaran, Experiential Learning, Penalaran Matematis siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pendahuluan yang di lakukan di SMP Negeri 1 Alasa, ditemukan masalah apakah ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi experiment yang berbentuk nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan penalaran matematis siswa, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran experiential learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Alasa, dimana sampel penelitian terdiri dua kelas dengan jumlah siswa 52 orang, dan instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes uraian kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji hipotesis satu pihak, menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga,  Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran experiential learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda dan Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (teori dan praktik dalam pendidikan). Medan: CV Widia Puspita

Anggreni, A. (2020). Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami). At-Thullab. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2),186-199.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75.

Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62-70. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6080.

Husniah, A., & Azka, R. (2022). Modul matematika dengan model pembelajaran problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.724.

Ibrahim, A., AH, M., Baharuddin, A., & MAA, D. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Fungsi Kuadrat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 663-670. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25p.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.

Lestari dan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Perdana Publishing

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497.

Manik, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Padang Bulan TA 2014/2015. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/469.

Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Nalar Siswa pada Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15(1), 104-113. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053

Mukaromah, Siti., dkk. (2023). Model Pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara

Nurhalin, Y., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 180-192. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1957. Diakses tanggal 19-02-2025.

Nuryadin, ddk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: JurnalPendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608.

Rodliyah, Iesyah., et al. (2020). Strategi Experiential Learning Berbasis Karakter. Jombang: Penerbit LPPM Unhasy Tebuireng

Shilphy, Octavia. (2020). Etika Profesi Guru. Yogyakarta: CV Budi Utama

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumargo, Bagus. (2020). Teknik Sampling. Jakarta: UNJ Press

Ulfah, Zakiah., dkk. (2021). Model Pembelajaran Experiential Learning Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat pada Mata Kuliah Pengembangan Sosial. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Yolanda, Dilla Desvi . (2020). Pemahaman Konsep Matematis dengan Metode Discovery. Bogor: Guepedia

Downloads

Published

2025-09-29