Optimalisasi Pembelajaran Daring berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SMP di masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Made Serma Wati
  • Anak Agung Purwa Antara
  • I Wayan Sudiarta
  • Gede Ngurah Oka Diputra

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6399180

Keywords:

Pembelajaran daring, video, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pembelajaran daring berbantuan video terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SMP di masa pandemi covid-19. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XC SMP Negeri 3 Tabanan yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar dalam program pembelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pembelajaran daring berbantuan video pada mata pelajaran matematika di masa pandemi covid-19 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana ketuntasan invidu meningkat dari 7 orang (23,33%) pada refleksi awal menjadi 14 orang (46,66%) pada siklus I dan dari 14 orang (46,66 %)  pada siklus I menjadi 29 orang (96,66%) pada siklus II. Nilai rerata juga meningkat dari 61,02 pada refleksi awal, kemudian 72 pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa Optimalisasi pembelajaran daring berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Tabanan di masa pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles