KEMAMPUAN MENGGAMBAR OBJEK FLORA MENGGUNAKAN TEKNIK ARSIR PENSIL WARNA OLEH SISWA KELAS X SENI RUPA SMKN 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran flora dinilai dekat dengan kehidupan sehari-hari, siswa dapat secara langsung melihat, dan mempelajarinya dari berbagai macam tumbuhan alam di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukawati. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok pembahasan adalah bagaimana kemampuan menggambar dan kesulitan-kesulitan apakah yang dialami siswa dalam menggambar objek flora dengan pensil warna oleh kelas X Seni Rupa SMK Negeri 1 Sukawati tahun Pelajaran 2020/2021.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Seni Rupa SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2020/2021. Metode penentuan subjek yang digunakan adalah metode populasi. pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes tindakan dan metode tes tulis uraian. data yang diperoleh dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Berdasarkan dari hasil analisis tes dari 40 siswa yang telah dilakukan diperoleh data sebagai berikut: 7 orang siswa termasuk sangat baik, 20 siswa termasuk baik, 13 siswa termasuk cukup. Dengan demikian kemampuan menggambar objek flora bunga dan buah dengan pensil warna oleh kelas X Seni Rupa SMK Negeri 1 Sukawati tahun Pelajaran 2020/2021 tergolong baik dengan nilai rata-rata 80,125. Adapun faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menggambar objek flora bunga dan buah dengan pensil warna adalah siswa kurang menguasai teori dan konsep-konsep dalam menggambar flora.
Downloads
Article Details
References
Andi, Prastowo. 2012, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press
Anonim, 2012. Unsur dan Prinsip Seni Rupa. Diakses pada tanggal 23 Maret 2021 dari:(http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/unsur-dan-prinsip-seni-rupa/).
Arikunto, Suharsimi. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2012, Dasar- dasar Evaluasi pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Bastomi, Sujawi. 1992. “Seni Rupa Indonesia”. Semarang, IKIP Semarang
Dimyati dan Mudjiono, 1996, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Gazali, Ahmad. 2017, Kemampuan Menggambar Ilustrasi Flora Dan Fauna Siswa Kelas X SMK Gunung Sari Makassar Menggnakan Pensil Warna. Skripsi. Makassar: FKIP Universitas Muhamadiyah Makassar
Gunarta, I Wayan. 2009, Materi Kuliah Evaluasi Pembelajaran (tidak diterbitkan). Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali
Hikmah, Nurul. 2019, Prestasi Menggambar Ragam Hias Motif Burung dan Tumbuhan dengan Pensil Warna Oleh Siswa Kelas X Seni Kriya Kayu SMKN 5 Mataram. Skripsi (tidak diterbitkan ). Denpasar: FPBS IKIP PGRI BALI
Kamus Besar Bahasa Indonesia III. 2005. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Natsir, Abdillah. 2013, Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar Dalam Melikis Menggunakan Media Pensil Warna. Skripsi. Makassar: FSD Universitas Negeri Makassar
Nurkancana, W. dan Sunartana, P.P.N, 1990, Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya : Usaha Nasional
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011, Metodelogi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
Sagala, Syaiful. 2012, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sangaji dan Sopiah, 2010, Metodelogi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta CV Andi Offset
Setyobudi, dkk. 2007, Seni Budaya SMP Jilid 1 untuk kelas VII. Demak: Erlangga
Sugiyono. 2017, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Susanto, A. 2016, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.