PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X RPL 2 SMK NEGERI 1 NEGARA
Keywords:
problem solving, online learning, independence, physics learning outcomesAbstract
The purpose of this study was to determine the independence and learning outcomes of students' physics through the application of the Problem Solving learning model with online learning in class X RPL 2 SMK Negeri 1 Negara in the 2019/2020 academic year. This type of research is classroom action research (PTK). The cycle of activities consisting of planning, action, observation, and reflection. The research subjects were students of class X RPL 2, totaling 36 people. The object of this research is independence and learning outcomes of physics. The data analysis used the observation method and the test method. The learning independence of students at the first meeting reached 9.18 at the second meeting increased to 11.54 and at the third meeting to 12.56. The learning outcomes of students in the first cycle an average of 67.31 students' learning outcomes increased in the second cycle to 82.05. Classical completeness of students increased from 38.39% to 88.89% in cycle II. The results showed that the application of the problem solving learning model with online learning could improve learning independence and physics learning outcomes for class X RPL 2 SMK Negeri 1 Negara in the 2019/2020 academic year.
Downloads
References
Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Haerudin.2013.Kemandirian Belajar. Bandung: DPBD FPBS UPI
Istiqomah, 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan EYD pada Siswa SMA. Skripsi Univesitas Negeri Semarang. Semarang.
Junirti , Novi Dian dan Ndara Tanggu Renda. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 4 Kampung Baru. Skripsi tidak diterbitkan. Singaraja, Indonesia: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mariati, Yeni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII MTs. Sullamul Ma’ad Al Ma’rif Penujak Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2000. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Polya. 2002. Metode Pembelajaran Problem Solving. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali: Jakarta
Sudjana. 2015. Hasil Belajar Matematika. Rineka Cipta: Jakarta
Suhendri, 2012. Pengaruh Kecerdasan- Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY. Eprint-UNY. Yogyakarta. P- 43
Sujono, A. (1998). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Tim Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 LPPM Universitas Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.