PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY TEACHING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN RESPONS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
learning media, guided inquiry teaching, student responses, learning outcomesAbstract
This study aims to determine the responses and learning outcomes of class XI IPA 3 SMA Negeri 2 Denpasar after implementing the Guided inquiry teaching method by utilizing mathematics learning media. This type of research is classroom action research (PTK). CAR is designed using several cycles consisting of four stages, namely: planning, implementing, observing and reflecting. The subjects of this study were 36 class XI IPA 3 students of SMA Negeri 2 Denpasar in the 2019/2020 academic year and the object of this research was student learning after being given learning with guided discovery methods and using visual learning media. Student learning outcomes are said to be successful individually if they have obtained a value of ≥ 70.Students are classically said to have succeeded if 85% of the total students in the class have scored ≥ 70.The results of the analysis are obtained (1) There is an effect of the guided inquiry teaching method using the media learning in mathematics can increase student response. (2) The guided inquiry teaching learning method by utilizing learning media can improve mathematics learning outcomes in class XI IPA 3 students of SMA Negeri 2 Denpasar in the 2019/2020 academic year.
Downloads
References
Ahmadi, H Abu. 2004. Strategi Belajar
Mengajar. Pustaka Setia :Bandung
Ahmad, Khoiru dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Prestasi Pustaka Publisher : Jakarta
Anonim. 2009. Definisi Implementasi Metode Pembelajaran. Diakses: 10 Januari 2012
Anonim. 2011. Pengertian Hasil Belajar.
http://blognyaalul.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar.html
Diakses: 10 Januari 2012
Arsyad, azhar. 2011. Media Pembelajaran.
PT. Raja GrafindoPersada: Jakarta
Dimyati dan Mudjiono.2009.Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta
Fadlisyah. 2010. Hasil Angket Respon Siswa. http://www.scribd.com/Fadlisyah/d/16851892/7-Tabel-4-7-Hasil-Angket-Respon-Siswa. (Diakses tanggal 8 Maret 2012)
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran.
PT Refika Aditama : Bandung
Hisyam, Zaini dkk, 2008. Strategi
Pembelajaran Aktif. CTSD :
Yogyakarta
Muhfida. 2009. Pembelajaran Konvensional. http://muhfida.com/pembelajaran-konvensional/. (Diakses Tanggal 4 Februari 2012)
Munawar, Indra. 2009. Definisi dan Pengertian Hasil Belajar. http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html. (Diakses Tanggal 4 Februari 2012)
Novian. 2011. Model pembelajaran inquiry http://novians.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-inkuiri.html. (diakses tanggal 20 april 2012)
Rapi, Ketut. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. PT. Rineka Cipta :Jakarta
Sapta, Andi. 2009. Hakikat Mata Pelajaran IPA. http://andy-sapta.blogspot.com/2009_02_01_archive.html. (Diakses tanggal 15 Maret 2012)
Silberman, Mel L. 2002. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani : Yogyakarta
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan kelas. Diva Press : Yogyakarta
Triani, Enni. 2010. Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII6 semester I SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2009/2010.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 LPPM Universitas Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.