PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DENGAN MODIFIKASI PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Keywords:
learning model, jigsaw II, creative thinking, biology learning outcomesAbstract
This research aims to know the influence of cooperative learning model jigsaw type II with modifications to the Picture and picture against the ability of the creative thinking and learning outcomes learner class XI biology MIA SMA PGRI 4 Denpasar. The type of research is quasi ekseriment. The population in the study were students of class XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar consisting of three classes, involving samples of 85 students taken with multistage sampling technique. Independent variable in this research is cooperative learning model of jigsaw II type with picture and picture modification, while creative thinking ability and biology learning result as dependent variable. Biology learning result data was collected by biology test result and creative thinking ability data was collected by questionnaire of creative thinking ability. Data analysis using t-test and MANOVA with the help of SPSS 16.0 for windowsBased on the findings, it can be concluded that: (1). There is a significant influence of cooperative learning model type jigsaw II with the modification of picture and picture to the creative thinking ability of students XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar with sig value. ≤ α (0,000 <0,05), (2). There is a significant influence from cooperative learning model type jigsaw II with the modification of picture and picture to result of biology learners learner XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar with sig value. ≤ α (0,000 <0,05), and (3). There is significant influence from jigsaw II type cooperative learning model with picture and picture modification to creative thinking ability and biology learning result of XI MIA students SMA PGRI 4 Denpasar simultaneously with Sig value. ≤ α (0,000 <0.05).
Downloads
References
Anonim. 2008. Beda Strategi, Model, pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran. (Online). Diakses tgl 8 Oktober2016.
Anitasari, Inge Devi. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatife tipe Picture and Picture Materi Hidrosfer dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Pada Siswa Kelas X3 SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.
Budiningsih, Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Budyastuti, D. 2010. Collaborative Learning (Pembelajaran Kolaboratif). http://dwibudyastuti.blogspot.com/2010/03/pembelajaran-kolaboratif.html. (Online). Diakses tgl 28 Oktober 2016.
Candiasa, I Made. 2012. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djumhana,2007. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan Biologi.
(Online). Diakses tgl 4 Agustus 2016.
Elfis. 2006. Bahan Ajar Metodologi Penelitian. Tidak diterbitkan. Pekanbaru: FKIP UIR.
Harmianto, Sri dan Tukiran Taniredja. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: ALFABETA
Imas Kurniasih s.pd&Berlin Sani .Tahun 2015..Model Pembelajaran.
Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung : ALFABETA
Munandar. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: RinekaCipta.
Putranti, Reno Agnes. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw II untuk Meningkatkan Kemampuan Komunilasi Matematis Siswa SMP. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2006. Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sri Harmianto,2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
Sugiyono. 2014. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
Susanto, M.Pd., Drs. Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana: Jakarta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:
Kencana
Uno, Hamzah B., dan Nurdin Mohamad. 2012 PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yamin, 2011. Pendidikan Proses Pembelajaran (online).
Yamin, Moh.2014. Teori dan Metode Pembelajaran. Mandani:Malang.
Yusuf, 2005. Proses dan Hasil Belajar Biologi Pokok Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. http://www.damandiri.or.id/detailpgp.id=238. (online). Diakses tanggal 4 Agustus 2016.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 LPPM Universitas Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.