PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN LKS DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Keywords:
progressive differentiation, worksheets, learning activities, learning outcomesAbstract
The purpose of this study was to determine whether the diffractive learning strategy assisted with worksheets can increase student activity and mathematics learning outcomes. This type of research is classroom action research. The research subjects of class X MIA 3 SMA Negeri 7 Denpasar in the 2018/2019 academic year. The research object of frogressive diffraction learning was assisted by worksheets. Each cycle consists of four stages, namely: the planning stage, the implementation stage, the observation or observation stage, and the reflection stage. The results of the study for student learning activities in cycle I were 9.92, and in silkus II were 16.80. Student learning outcomes for an average cycle I of 6.48 and cycle II of 8.02. The absorption capacity in the first cycle was 64.8% and the second cycle was 80.2%. Classical mastery learning in cycle I was 20.0% and cycle II was 85.7%. So the application of progressive differentiation learning strategies assisted by student worksheets in mathematics learning can improve learning activities and student learning outcomes of class X MIA 3 SMA Negeri 7 Denpasar.
Downloads
References
Ardana, I Made et.al. 2001. Pengembangan StrategiPembelajaran Matematika Model Kooperatif Individuasi Berbantuan Berwawasan Konstruktivis Sebagai Upaya Mengatasi Kemampuan Siswa yang Beragam di SLTPN 6 Singaraja. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). STKIP Singaraja.
Arikunto, Suharmini. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Artawan, I Ketut. 1985. Teori Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Singaraja: Bioma Singaraja.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hisyam Zaini, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Insan Madani CTSD, Edisi Revisi, Yogyakarta.
Moedjiono dan Moh. Dimyati. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nur, Mohamad et.al. 1999. Teori Pembalajaran Kognitif. Buku Ajar Universitas Negeri Malang.
Oemar Hamalik, 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda.. hlm 175
Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan. 1988. Teori- Teori Belajar. Jakarta: Unit Pengelola Bantuan Teknis.
Sudiasa, I Wayan. 2002. Penerapan Model Pembelajaran Kulsponsi Berbantuan LKS Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IA SMU N 1 Dawan Klungkung Tahun Pelajaran 2001/2002 dalam Pembelajaran Trigonometri. IKIP N Singaraja.
Suharsimi Arikunto, 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara,
Suherman, Erman & Udin S. Winataputra. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III.
Suherman, Erman. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 LPPM Universitas Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.