MODEL RESIPROKAL TEKNIK BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BOLA KASTI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SELANBAWAK
Keywords:
Model Resiprokal, teknik berpasangan, permainan bola kastiAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Selanbawak di Kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Resiprokal dengan teknik berpasangan dapat meningkatkan prestasi belajar permainan bola kasti siswa Kelas VI semester I SD Negeri 1 Selanbawak. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Resiprokal dengan teknik berpasangan dapat meningkatkan prestasi belajar permainan bola kasti siswa Kelas VI semester I SD Negeri 1 Selanbawak. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus awal 66.81 setelah diterapkan model pembelajaran resiprokal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73.18 dan pada Siklus II nilai rata-rata naik menjadi 82.27. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Resiprokal dengan teknik berpasangan dapat meningkatkan prestasi belajar permainan bola kasti siswa Kelas VI semester I SD Negeri 1 Selanbawak.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2009. Model pembelajaran resiprokal. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamarah, Syaful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
http://ardhaphys.blogspot.com/2013/05/model-pembelajaran-Resiprokal.html
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto.2007. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.