MODEL RESIPROKAL TEKNIK BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BOLA KASTI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SELANBAWAK

Authors

  • I Made Sutirka Sekolah Dasar Negeri 1 Selanbawak, Kab. Tabanan

Keywords:

Model Resiprokal, teknik berpasangan, permainan bola kasti

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Selanbawak di Kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Resiprokal dengan teknik berpasangan dapat meningkatkan prestasi belajar permainan bola kasti siswa Kelas VI semester I SD Negeri 1 Selanbawak. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Resiprokal dengan teknik berpasangan dapat meningkatkan prestasi belajar permainan bola kasti siswa Kelas VI semester I SD Negeri 1 Selanbawak. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus awal 66.81 setelah diterapkan model pembelajaran resiprokal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73.18 dan pada Siklus II nilai rata-rata naik menjadi 82.27. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Resiprokal dengan teknik berpasangan dapat meningkatkan prestasi belajar permainan bola kasti siswa Kelas VI semester I SD Negeri 1 Selanbawak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2009. Model pembelajaran resiprokal. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, Syaful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

http://ardhaphys.blogspot.com/2013/05/model-pembelajaran-Resiprokal.html

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto.2007. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Published

2020-04-07

How to Cite

Sutirka, I. M. . (2020). MODEL RESIPROKAL TEKNIK BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BOLA KASTI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SELANBAWAK. Widyadari, 21(1). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/736

Issue

Section

Articles