SUPERVISI KLINIS INTENSIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGHIDUPKAN SUASANA BELAJAR DI KELAS
Keywords:
Supervisi Klinis IntensifAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Tegaljadi. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui supervisi klinis intensif di SD Negeri 2 Tegaljadi. Peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui supervisi klinis merupakan salah satu solusi yang cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil akhir penelitian dimana guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukan metode pembelajaran dan mencari metode yang benar-benar tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas dan lingkungan sekolah itu sendiri yang selanjutnya memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja guru dan peningkatan mutu sekolah. Terbukti dari peningkatan kemampuan guru dari siklus Awal yaitu guru kelas IV pada pra siklus mencapai rata-rata nilai 1,83, pada siklus I 2,55 dan pada siklus II 3,67, guru kelas V pada pra siklus mencapai nilai rata-rata 2,00, dan pada siklus I 2,67, pada siklus II 3,67, sedangkan pada guru kelas VI pada pra siklus mencapai nilai rata-rata 2,33 dan pada siklus I 2,67 dan pada siklus II 3,50. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis intensif dapat meningkatkan kemampuan guru di SD Negeri 2 Tegaljadi tahun pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Dedi Supriadi, 2002. Laporan Akhir Tahun Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel. Jakarta: Kompas
Depdiknas, 2002. Kurikulum dan HAsil Belajar Kompetensi Dasar. Jakarta: Balitbangdiknas
Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher
J. La Solo, 1983. Pendekatan dan Teknik-teknik Supervisi Klinis. Jakarta: Departemen P dan K, Ditjen Pend. Tinggi (PPLPTK)
Nana Sudjana, 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ngalim Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Piet A. Sahertian, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengambangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Samuel Smith, mengjarkan-matematika-sebuah-pemikiran.html diakses dari http://chamisah.blogspot.com
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.