MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XII MIPA 3

Authors

  • I Nengah Kumpul SMA Negeri 4 Denpasar, Bali, Indonesia

Keywords:

metode demonstrasi, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Denpasar di Kelas XII MIPA 3yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Inggris masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa Kelas XII MIPA 3 Semester 1 SMA Negeri 4 Denpasar. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya72.05 dengan prosentase 72.97%, pada siklus I menjadi 76.43 dengan prosentase 86.48% dan pada siklus II menjadi 80.54 dengan prosentase ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa Kelas XII MIPA 3Semester 1SMA Negeri 4 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. 2008. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Depdiknas. 2003. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Djamarah dan Zein. (1994). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah N. K. 2008. Dikdaktik metodik. Jakarta. Bina Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Meier, D. 2000. The Accelerated Learning Hanbook. Bandung : Kafia

Santyasa, I W. 2004. Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran Terhadap Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan).. Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pendidikan.

Published

2020-04-07

How to Cite

Kumpul, I. N. (2020). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XII MIPA 3 . Widyadari, 21(1). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/732

Issue

Section

Articles