MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XII MIPA 3
Keywords:
metode demonstrasi, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Denpasar di Kelas XII MIPA 3yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Inggris masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa Kelas XII MIPA 3 Semester 1 SMA Negeri 4 Denpasar. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya72.05 dengan prosentase 72.97%, pada siklus I menjadi 76.43 dengan prosentase 86.48% dan pada siklus II menjadi 80.54 dengan prosentase ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa Kelas XII MIPA 3Semester 1SMA Negeri 4 Denpasar.
Downloads
References
Hamalik, Oemar. 2008. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Depdiknas. 2003. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Djamarah dan Zein. (1994). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah N. K. 2008. Dikdaktik metodik. Jakarta. Bina Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Meier, D. 2000. The Accelerated Learning Hanbook. Bandung : Kafia
Santyasa, I W. 2004. Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran Terhadap Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan).. Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pendidikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.