UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 2 TEGALJADI
Keywords:
prestasi belajar, metode pembelajaran demonstrasiAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tegaljadi Kelas VI semester I yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Penjasorkes masih cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tegaljadi. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan rata-rata 67 pada siklus I menjadi 74 dan pada siklus II menjadi 83. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimim, Suhardjino, supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Djamarah, Syarul Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
Permendiknas No. 41 tahun 2007 Tanggal 23 Nopember 2007. Jakarta : Depdiknas
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipa.
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyanto, dkk. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.