UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA DALAM BELAJAR KELOMPOK DI SMP NEGERI 7 DENPASAR
Keywords:
Model Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Belajar Kelompok, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Denpasar pada Kelas IX.3 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk mengetahui apakah model kooperatif tipe tutor sebaya dengan Belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa. Metode pengumpulan datanya melalui tes prestasi belajar yang dilaksanakan saat berlangsungnya proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe tutor sebaya dengan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata 69,85, median 70,00, modus 77,00, dengan prosentase ketuntasan belajar 37,5%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar PPKn siswa mengalami peningkatan menjadi rata-rata 76,80, median 77,00, modus 77,00 dengan ketuntasan belajar 75%. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 82,40, median 80,00, modus 80,00, ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe tutor sebaya dengan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa Kelas IX.3 SMP Negeri 7 Denpasar semester I tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hartinah DS, Haji Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.
http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/21/pembelajaran-kooperatif-41131.html
http://mardoto.com/2009/03/20/seri-012-mahasiswa-urgensi-pendidikan-kewarganegaraan-menurut-saya/
http://setiadiwijaya.wordpress.com/2010/05/25/tutor-sebaya/
http://www.scribd.com/doc/60015105/24/A-Definisi-Kelompok-Belajar
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Udin, S.W. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Depdikbud: Jakarta.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.