UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL DENGAN DEBAT AKTIF PADA SISWA KELAS IX.7 SEMESTER I SMP NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
prestasi belajar, metode drill dengan debat aktifAbstract
Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa kelas IX.7 semester I SMP Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 sebagian besar belum mencapai KKM Matematika yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 76,00. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan prestasi siswa dari rata-rata nilai 69,98 meningkat menjadi 75,68 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 81,40. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode drill dengan debat aktif dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX.7 semester I SMP Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press.
Azwar, Saifuddin. 2005. Dasar-dasar Psikometri. Cetakan kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hamdani, M.A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
http://www.kompas.cetak/0307/21/opini/4455.htm
Karim, Malik Abdul. 2011. Hakekat Belajar Dan Pembelajaran. Diunggah dari http://malikabdulkarim.blogspot.com/2011/04/hakekat-belajar-dan-pembelajaran.html.
Melvin L. Silberman, 2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif.Bandung: Nusamedia.
Pujiono, 2009. Metode Drill dan Penggunaannya. Tersedia online http://jindauksw.blogspot.com/2009/11/metode-drill-dan-penggunaannya.html
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung: Alfabeta.
Silberman, Melvin L.. 2011.Active learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusamedia, Bandung.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.