UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN LITERASI DIGITAL MELALUI IHT DI SD NEGERI 3 PEGUYANGAN
Keywords:
Literasi Digital, keterampilan, IHTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan literasi digital melaluiIHT atau In House Training di SDNegeri 3 Peguyangan semester I tahun pelajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan atas kebutuhan yang mendesak tentang adanya kenyataan bahwa siswa kurang semangat dalam belajar, belum dikuasainya keterampilan literasi digital, dan adanya kemajuan dibidang literasi digital dalam pembelajaran. Oelh karena itu peneliti memberikan pelatihan pada guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam menguasai literasi digital dalam pembelajaran yang dikemas dalam bentuk kegiatan In House Training. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan literasi digital dalam pembelajaran yang makin menjadi tuntutan pada era revolusi industri 4.0. Penelitian ini melibatkan 8 orang guru yaitu 6 guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran. Kegiatan penelitian ini berlangsung dari bulan Jjuli sampai dengan bulan Desember 2019 pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Kegiatan In House Training menjadi fokus tindakan dalam penelitian ini. Kegiatan In House Training ini berlangsung sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegitan In House Training telah dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan literasi digital dalam pembelajaran hingga memperoleh katagori baik dari segi keterampilan guru dan katagori sangat baik dari efektivitas kegiatan IHT. Kegiatan In House Training sangat perlu dikembangkan di kalangan pendidik yang belum memahami tugas pokoknya karena para guru dapat berdiskusi dengan kepala sekolah, instruktur, dan rekan sejawat dan dapat meningkatkan profesionalisme.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.