PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEPEWARAAN MAHASISWA SEMESTER VII FPBS IKIP PGRI BALI
Keywords:
model pembelajaran STAD, hasil belajar, kepewaraanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar mata kuliah kepewaraan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mahasiswa semester VII FPBS IKIP PGRI Bali. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VII FPBS IKIPPGRI Bali Tahun Akademik 2019/2020. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar mata kuliah kepewaraan. Metode pengumpulan data adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Pada refleksi awal pencapaian kriteria ketuntasan minimal sebanyak 20 mahasiswa yang tuntas dan 18 mahasiswa yang belum tuntas, dengan hasil rata-rata belajar siswa 70,56 dan daya serap 70,56%. Pada siklus I hasil rata-rata hasil belajar mahasiswa 71,58 daya serap 71,58%, dan persentase aktivitas mahasiswa sebesar 51,12% yang tergolong cukup aktif. Pada siklus II hasil rata-rata hasil belajar mahasiswa 80,92 daya serap 80,92%, dan persentase aktivitas mahasiswa sebesar 63% yang tergolong aktif. Hasil PTK menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah kepewaraan mahasiswa semester VII FPBS IKIP PGRI Bali Tahun Akademik 2019/2020.
Downloads
References
Arief, Ermawati dan Yarni Munaf. 2003. “Pengajaran Keterampilan Berbicara” (Buku Ajar). Padang: FBSS UNP
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aryati, Lies. 2008. Panduon untuk Menjadi MC. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Astuti, Wiwiek Dwi. 1995. Pewara: Tugas dan Ucapannya. Jakarta: Balai Pustaka
Bari, M. Habib. 1995. Teknik dan Komunikasi Penyiar Telaisi Radio MC Sebuah Pengetahuan Praktis. Jakarta: Gramedia. Sirait, Charles Bonar. The Power of Public Sp e aking. Jakarta: Gramedia.
Chail Achjar dan Latuconsina Hudaya. 2008. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta : PT. Balai Pustaka (Persero).
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dyah Rahmawati. 2010. Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang. Artikel. Diambil pada tanggal 25 Januari 2015.
Erna Fitria Novianti H.W. 2012. Pelaksanaan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi kasus siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang. Artikel. Diambil pada tanggal 25 januari 2015.
Harmianto. Sri dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Ika Meysiswati. 2012. Implementasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Artikel. Diambil pada tanggal 25 januari 2015.
Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Siswanto, 2017. Pengembangan Pelatihan Kepewaraan bagi Warga Kelurahan Jatisari Kecamatan Ngalinyan dalam Mengukung Percepatan Kota Layak Anak di Kota Semarang. FPBS IKIP PGRI Semarang.
Sumatri, Ni Made. 2016. “Penerapan Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.