METODE TANYA JAWAB MULTIARAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII-E SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA
Keywords:
Metode Tanya Jawab Multiarah, Prestasi BelajarAbstract
Adanya peningkatan prestasi belajar sangat perlu diupayakan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII-E semester I tahun pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 4 Nusa Penida dengan metode tanya jawab multiarah arah. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan lewat instrumen tes prestasi belajar dan dianalisis dengan analisis deskriptif diperoleh data awal nilai rata-rata mencapai 63,23 dengan ketuntasan belajar 30%. Data ini meningkat pada siklus I menjadi 69,63 dengan ketuntasan belajar 66,67% dan pada silkus II data itu meningkat menjadi 81,13 dengan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini dicukupkan sampai pelaksanaan siklus II mengingat keberhasilan yang dicapai sudah sesuai harapan, pelaksanaan proses belajar mengajar sudah maksimal dapat dilaksanakan, inovasi sudah giat dilakukan, bimbingan bagi siswa yang penyerapan keilmuannya masih rendah juga telah mampu diperbaiki. Data tersebut telah membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan sudah dapat dibuktikan keberhasilannya serta penelitian tindakan dilanjutkan ke siklus berikutnya karena sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian.
Downloads
References
Bustalin.2004. Prestasi Belajar dalam Pengajaran Remedial pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas II Semester 1 SLTP Negeri 1 Linggang Bingung Kabupaten Kutai Barat.Artikel. http:/artikel.us/html.
Ibrahim dan Ali, Muhammad. 2009. Teori Evaluasi Pendidikan. Kumpulan Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian I: Ilmu Pendidikan Teoretis. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. Penerbit: PT Imperial Bhakti Utama. Bandung.
Slameto. 1995. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.
Yamin, H. Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (G. P. Press Group).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.