USAHA MAKSIMAL MENINGKATKAN KETRAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER I SMP NEGERI 4 NUSA PENIDATAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
Prestasi Belajar, Operasi Hitung Bilangan, Model Pembelajaran Problem SolvingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika (ketrampilan operasi hitung bilangan) siswa kelas VII A semester I SMP Negeri 4 Nusa Penida tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 60,70 dengan ketentuan belajar 33,33% meningkat pada siklus I menjadi 64,93 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 70% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 75,10 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima serta peningkatan hasil sudah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian.
Downloads
References
Bhakti, Ahmad Haris. 2009. Tesis. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division ) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Ngawi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Depdiknas. 2006. Bahan Ajar Diklat Pembelajaran Aktif. Strategi Dan Metode Pembelajaran Bernuansa Deep Dialogueand Critical Thinking (DD/CT). Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS Dan PMP. Malang.
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
http://education-mantap.blogspot.com/2010/10/teori-proble-solving.html
http://psychemate.blogspot.com/2007/12/problem-solving.html
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto. 1995. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. 2011. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.