PENERAPAN METODE CERAMAH INTERAKTIF DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII A SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA
Keywords:
Metode Ceramah Interaktif dan Demonstrasi, Prestasi BelajarAbstract
Rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII A semester I tahun pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 4 Nusa Penida yang baru mencapai rata-rata 66,24 dengan ketuntasan belajar 34,48% membuat peneliti berpikir banyak. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilakukan akhirnya dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti mengganti model yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan model baru yang bersifat kontruktivis. Setelah giat melakukan pembelajaran dan giat mengumpulkan data menggunakan tes serta melakukan analisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan hasil sesuai harapan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keberhasilan siswa mencapai nilai rata-rata kelas 71,97 dengan ketuntasan belajar 68,97% pada siklus I dan pada siklus II telah diperoleh peningkatan menjadi rata-rata 81,21 dengan ketuntasan belajar 100%. Semua data yang telah diperoleh menunjukkan keberhasilan perbaikan proses pembelajaran yang sebelumnya terus menerus dilakukan secara konvensional. Data tersebut menuntun peneliti ke sebuah simpulan bahwa penerapan metode ceramah interaktif dan demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya. Kompetensi pengawas Akademik Pengawas Sekolah Pendidikan Menengah. Direktorat Tenaga KependidikanDirektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Djamarah dan Zein. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
http://www.scribd.com/doc/90372081
Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Surabaya : Usaha Nasional
Rohendi, Dedi, Heri Sutarno, dan Mugi Akbar Ginanjar. 2010. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Vol. 3 No.1 / Juni 2010.
Suharsimi Arikunto., Suhardjono. & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
Sunarto. 2012. Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersedia : http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/
Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. 2011. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yamin, H. Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (G. P. Press Group).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.