PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR SISWA KELAS XII MM 1 SMK N 1 MAS UBUD SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keywords:
model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar teknik pengambilan gambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar teknik pengambilan gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MM1 semester ganjil SMK Negeri 1 Mas-Ubud tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang yang terdiri atas 24 laki-laki dan 6 perempuan. Data dari penelitian ini adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar siswa yang diukur melalui tes siklus. Analisis data yang dilakukan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) melalui model pembelajaran berbasis proyek menunjukkan peningkatan yang sangat efektif pada hasil belajar siswa yakni rata-rata hasil belajar teknik pengambilan gambar pada siklus I sebesar 78.37 dengan ketuntasan klaksikal 43,33 % meningkat pada siklus II menjadi 85,37 dengan ketuntasan klaksikal 100 %
Downloads
References
Arends, R, I, 2001, Learning to Teach, New York: Mc. Graw Hill Companies.
Arikunto, S, 1991, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media
Hamzah B.Uno dkk.(2011). Belajar dengan pendekatan PALIKEM. Yogyakarta: Bumi Aksara Yogyakafta
Made Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibin Syah. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman. (2009), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakafta : PT. Raja Grafindo
Suryabrata, Sumadi (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers
Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2009). Mendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif : Konsep,
Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KISP). Jakarta : Prenada Media Group
Wijaya Kusumah, & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian tindakan Kelas. lakafta: PT. Indeks
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.