PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PADA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 BEBANDEM

Authors

  • I Ketut Sudarma SMA Negeri 1 Bebandem

Keywords:

Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction, prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bebandem yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Pembelajaran penelitian ini adalah penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction dan obyek penelitian berupa prestasi belajar matematika. Untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa digunakan tes yang diberikan pada akhir tiap siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitan diperoleh bahwa rata-rata hasil prestasi belajar siswa meningkat dari 67,5 dengan ketuntasan klasikal 62,5% pada siklus I menjadi 71,25 dengan ketuntasan klasikal 77,5% pada siklus II. Pada siklus III rata-rata prestasi belajar matematika siswa 82,0 dengan ketuntasan belajar 95%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ketut Bawa, “Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Advance Organizer dan Penalaran Formal Siswa Terhadap Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP”, Tesis, Singaraja, Pasca sarjana Undiksha, 2003.

Trianto, “Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik”, Jakarta, Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

Putu Budi Adnyana, “ Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif Bermodul Yang Berwawasan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) dan Pengaruh Implementasinya Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Di Singaraja”, Disertasi, Malang, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2004.

Suharsimi Arikunto, Supardi Suhardjono, “Penelitian Tindakan Kelas “, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2006.

Made Bawa, “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif TAI dan Penalaran Formal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP”, Tesis, Singaraja, Pasca sarjana Undiksha, 2005.

Nyoman Dantes, “Pengembangan Perangkat Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Rumpun Pelajaran Sains”, Laporan Hibah Penelitian Tim Pascasarjana, Singaraja, Undiksha, 2006.

Nyoman Dantes, “Tinjauan Teoretik dan Pengembangan Alat Penilaian Kemampuan Calon Guru (APKCG) Dalam Rangka Implementasi KTSP pada Pendidikan Dasar dan Menengah”, Makalah, Singaraja, Undiksha, 2007.

Depdiknas, “ Metode Penilaian Kelas”, Jakarta, Puskur Depdiknas, 2006.

Depdiknas, “Rancangan Penilaian Hasil Belajar”, Jakarta, Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA, 2008.

Ibrahim M., Rachmadiarti F, Nur M dan Ismono, “Pembelajaran Kooperatif”, Surabaya, University Press, 2000.

Nana Sudjana, ”Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 1991.

Nasution, ”Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar”, Jakarta, Bina Aksara, 2001.

Nur, M., Wikandari, ”Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran”, Surabaya, PSMS, 2000.

Sudjana, ”Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif”, Bandung, Falah Production, 2001.

Sudjana, “Metode Statistika”, Bandung, Tarsito, 2005.

Sumadi Suryabrata, “Metodologi Penelitian”, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2000.

Suparno, ”Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan”, Yogyakarta, Kanisius, 1997.

Published

2020-04-07

How to Cite

Sudarma, I. K. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PADA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 BEBANDEM. Widyadari, 21(1). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/698

Issue

Section

Articles