UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS XI MIPA2 SMA NEGERI 1 PETANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
motivasi belajar, hasil belajar, model pembelajaran inkuiriAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Petang, semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dengan empat kegiatan pokok: perencanaan PTK, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Petang. Teknik pengumpulan data motivasi dengan observasi dan hasil belajar siswa dengan tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pra siklus 38,24% meningkat pada siklus I 73,53 % dan meningkat lagi pada siklus II 97,06% dan skor hasil belajar fisika yaitu pada pra siklus nilai rata-rata siswa 53,24. Pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 79,41% dengan nilai-rata-rata kelas pada angka 80,29 dan telah melebihi target KKM 70, sehingga model pembelajaran inkuiri ini layak untuk diterapkan.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Petang, semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dengan empat kegiatan pokok: perencanaan PTK, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Petang. Teknik pengumpulan data motivasi dengan observasi dan hasil belajar siswa dengan tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pra siklus 38,24% meningkat pada siklus I 73,53 % dan meningkat lagi pada siklus II 97,06% dan skor hasil belajar fisika yaitu pada pra siklus nilai rata-rata siswa 53,24. Pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 79,41% dengan nilai-rata-rata kelas pada angka 80,29 dan telah melebihi target KKM 70, sehingga model pembelajaran inkuiri ini layak untuk diterapkan.
Downloads
References
A.M., Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arikunto, S. (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudyahardjo, R. 2010. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta :Rajawali Pers
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Prayitno, Elida. (1989). Panduan Pengajar Buku Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenadamedia Group.
Sardiman, A.M (2011) . Intrasksi & motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Supriyati, Y dan Anitah, W. S. 2007. Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka
Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.