PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPA DENGAN MENGONTROL DISIPLIN BELAJAR
Keywords:
model pembelajaran SAVI, hasil belajar, disiplin belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara mahasiswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan hasil belajar pada mata kuliah masalah nilai Awal dan syarat batas yang menggunakan model pemebelajaran konvensional pada mahasiswa Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali setelah diadakan pengendalian terhadap disiplin belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester VII yang berjumlah 70 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik simple random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Kelas eksprimen semester VII A, dan Kelas kontrol Semester VII B Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali tahun akademik 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Untuk menguji data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis uji prasyarat dan uji analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran SAVI pada mahasiswa Pendidikan Matematika FPMIPA, (2) Ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran SAVI setelah diadakan pengontrolan terhadap disiplin belajar pada mahasiswa Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali Tahun Akademik 2019/2020.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Baharuddin. 2007. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia
Candiasa, I Made. 2010. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: UNDIKSHA
Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.
Hidayat Syarif. 2013. Jurnal. Pengaruh Kerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan.
Tersedia:file:///C:/Users/aditya/AppData/Local/Packages/Microsoft.MicrosftEdge_8wekyb3d8bbwe/TempState/Downloads/129-Article%20Text-373-2-10-20140103.pdf. Diakses tanggal 05 Oktober 2018.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistika Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: UNDIKSHA
Krulik, S. & Rudnick, J. A. 1996. The New Sourcebook For Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and High School. Boston: Allyn and Bacon.
Kurniasari Rahmawatia Nurina. 2015. Jurnal.Penerapan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Savi Dan Vak Pada Materi Himpunan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII.
Tersedia:http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/549/498. Diakses tanggal 05 Oktober 2018.
Kusumawati, Sri Wahyuni. 2014. Jurnal.Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Tersedia:http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/10583/4171. Diakses tanggal 10 Juni 2018.
Prasojo, Retmono Jazib. Jurna. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/37082-ID-pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-kedisiplinan-belajar-terhadap-prestasi-belajar.pdf. Diakses tangga 04 Agustus 2018.
Purnamasari, Lufita, Suwarto & Hadiyah. 2013. Jurnal. Pengaruh Model Savi Terhadap Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Tersedia: http://eprints.uns.ac.id/12946/1/2034- 4701-1-PB.pdf. Diakses tanggal 01 Juli 2018.
Saputro, SinggihTego, Pardiman. 2012. Jurnal: Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Tersedia:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/923/734. Diakses tanggal 15 Mei 2018.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sukendra, I. K., & Dessy Fridayanthi, P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGONTROL BAKAT NUMERIK SISWA. Prosiding SENAMA PGRI, 1, 89-101. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama/article/view/348
Sumantri, Bambang. 2010. Jurnal: Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Smk Pgri 4 Ngawi Tahun Pelajaran2009/2010. Tersedia:http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/article/view/53/pdf_25. Diakses tanggal 25 Mei 2018.
Wahyuningsih, Amalia Sawitri, Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU LAB School Jakarta Timur, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y. A. I Jakarta. 2004
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Widyadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.