PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI

Authors

  • Made Ayu Sukaharsilawati Universitas Teknologi Indonesia

Keywords:

Ctl, Ability Reading, Poetry

Abstract

This research has an objective to improve the teaching of Indonesian language and literature, and to improve students' poetry reading skill of class XII AP 2 SMK Nusa Dua Badung in lesson 2014/2015 through contextual approach (CTL). The results of this study is the ability of students of class XII AP 2 SMK Nusa Dua Badung in reading poetry is very good. It is evident from the average value obtained by students have increased from each cycle. In cycle I the average of students is 70.71%. In cycle II the average score of students' poetry reading ability increased to 82.28%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara, IGP. 1985. Apresiasi Puisi. Denpasar: CV Kayu Mas.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Bahri Syaiful Djamariah Drs, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jakarta : Depdiknas.
Dwiloka, Bambang dan Rati riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Endraswara, Suardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Rineka Cipta.
Jhonson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2003. Jakarta : Depdiknas.
Kerta, I Ketut. 2006. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Mengwi Melalui Kegiatan Membaca Buku Perpustakaan. Dinas Pendidikan Badung.
Murda, I Nyoman. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi Ajar Diklat Contextual Teaching and Learning (CTL) Bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK Kabupaten Badung.
Muslich, Mansur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Malang.
Riris K. Toha-Sarumpaet. 2002. Apresiasi Puisi Remaja. Jakarta: Grasindo.
Rosidi, Ajip. 1983. Pembinaan Minat Baca,Bahasa dan Sastra. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Suciati, dkk. 2003. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Situmorang, B.P. 1983. Puisi Teori Apresiasi Bentuk dan struktur. Flores: Nusa Indah.
Sugono, Dendy. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia jilid 1. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Sunaryo, Hari. 2005. Membaca Ekspresif. Malang : Universitas Muhammadiyah.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar sastra. Bandung. Angkasa.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Uno, Hamzah B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka.

Published

2018-04-02

How to Cite

Sukaharsilawati, M. A. (2018). PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI. Widyadari, 19(1), 142-164. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/46

Issue

Section

Articles