IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN OLEH KEPALA SEKOLAH
STUDI KASUS PADA SD NEGERI NO 3 KUWUM, KABUPATEN BADUNG
Keywords:
Change Management, HeadmasterAbstract
The research method used is descriptive qualitative research. Data collection is obtained from information, places and activities of principal leadership activities, as well as documents. Techniques of collecting data include in-depth interviews, direct observation, and document records. Data validity test is done by applying source triangulation, and triangulation method. Data analysis techniques in the form of interactive analysis techniques that reduce data, present data, interpret and draw conclusions.
Principal of SD Negeri No 3 Kuwum, Mengwi Sub-district, Badung Regency in carrying out his leadership has performed his role and function as an educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator and motivator well. In addition, Principal of SD Negeri No 3 Kuwum, in making decision and policy making involving many parties such as teachers, staff and school committee, conducting continuous guidance, can cooperate and support each other in achieving school goals and always coordinate with existing stakeholders, so that the existing constraints do not interfere with the course of the school program created.
Downloads
References
Sadili Samsudin.2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia Soekarto Indarafachrudi. 2006. Bagaimana Memimpin Sekolah yang efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rohiat. 2008. Kecerdasan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: PT Refika Aditama.
Kusnandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Muhammad Surya. Organisasi profesi, kode etik dan Dewan Kehormatan Guru.
Mulyasa. E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miftah Toha. 2003. Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kepandidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alpfabeta.
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga.
Sutopo, H.B. 2002. Memahami Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Surakhmad, Winarno. 1992. Metodologi Dalam Penelitian Sosial. Surabaya : Usaha Nasional
Undang-Undang No 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Syaiful Sagala. 2002. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : CV Alfabeta.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan dan Motivasi. -- : Ghalia Indonesia.
Zainal Aqib. 2007. Membangun Profesionalisme guru dan pengawas sekolah. Bandung: CV Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Bush, Tony. 2000. Leadeship And Strategi Management in Education: Manajemen Strategi Kepemimpinan Pendidikan. Jogjakarta: ircisod
Dubrin, Andrew J. 1990. Essensials of Management. Ohio : South-Western Publishing Co
Handoko, T. Hani, 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yoogyakarta : BPFE
Hidayat, Nurul. Inovasi Pembinaan Disiplin Siswa (Studi Deskriptif Kualitatif di Sekolah Menengah Pertama 1 Kepahiang) : Tesis Prodi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu
Moleong, Lexy J. 2007. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosda Karya
Mulyasa, 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Published
How to Cite
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.