PENERAPAN METODE MINDMAPPING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 KUTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3026Keywords:
mindmapping, creative thinking, studentsAbstract
Creative thinking can be one of the supports in the problem solving process. The mindmapping method can improve students' creative thinking skills, because with the Mind Mapping method it is more fun and students are active in the learning process and students are able to increase knowledge and come up with ideas in solving problems that arise in the learning process. This study aims to apply the mindmapping method to students' creative thinking abilities. This type of research is classroom action research with a research design from Kemmis & McTaggart. The research location was at SMAN 1 Kuta Utara with the subjects in this study being all students in class XI MIPA 3 with a total of 45 people. This research was conducted in biology subjects with excretory system material. The results showed that there was an increase in the ability to think creatively in cycle I by 68.8% and in cycle II by 86.7%. Based on the results of data analysis, it can be seen that the application of the mindmapping method can improve students' creative thinking skills, where the number of students who achieve completeness in cycle II reaches 86.7%.
Downloads
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Anggraeny, D. B., Yuli, T., & Siswono, E. (n.d.). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Multiple Solution Task (Mst).
Batara Arianto. (2022). Merdeka Beraktivitas dan Berkreativitas dengan Mindmapping. CV. Bintang Semesta Media.
Choitimah, C., & M, F. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA.
Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas Ia Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Moh. Nawafil, & Junaidi, J. (2020). Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran yang Membebaskan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 215–225. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193
I Kadek. Atmaja, I. Komang Sukendra, I. W. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
I Komang Sukendra dan I Wayan Sumandya. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja dan Bakat Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 19(1), 30–38
Pahlawan, U., & Tambusaii, T. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Rizki Ananda 1. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rofiqoh, I. F., Subiki, S., & Budiarso, A. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Optik Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(4), 139. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i4.18359
Sukendra, I. K. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains:Jurnal Edukasi MAtematika Dan Sains, VII(1), 91–98.
Swadarma Doni. (2013). Penerapan Mindmapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Gramedia.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Anggraeny, D. B., Yuli, T., & Siswono, E. (n.d.). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Multiple Solution Task (Mst).
Batara Arianto. (2022). Merdeka Beraktivitas dan Berkreativitas dengan Mindmapping. CV. Bintang Semesta Media.
Choitimah, C., & M, F. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA.
Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas Ia Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Moh. Nawafil, & Junaidi, J. (2020). Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran yang Membebaskan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 215–225. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193
I Kadek. Atmaja, I. Komang Sukendra, I. W. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
I Komang Sukendra dan I Wayan Sumandya. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja dan Bakat Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 19(1), 30–38
Pahlawan, U., & Tambusaii, T. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Rizki Ananda 1. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rofiqoh, I. F., Subiki, S., & Budiarso, A. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Optik Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(4), 139. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i4.18359
Sukendra, I. K. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains:Jurnal Edukasi MAtematika Dan Sains, VII(1), 91–98.
Swadarma Doni. (2013). Penerapan Mindmapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Gramedia.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 LPPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.