PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI VOKAL TEMBANG BALI
Keywords:
Application of Problem Based Learning Learning Model, Understanding Balinese, Tembang VocalsAbstract
This study aims to determine students' learning abilities in Balinese tembang material, as well as student responses to the use of problem based learning learning models in Balinese vocal tembang courses in students in the fourth semester of Sendratasik 2021/2022. The existence of tembang plays a very important role in society, because tembang/metembang is often associated with aspects of ritual, entertainment/spectacle in the form of sekar rare, alit, middle and agung. This study will discuss students' abilities and student responses to the Balinese tembang vocal material by using a problem based learning model with two assessment methods, namely test and observation methods. The results showed that before the application of the problem based learning model, the average score of students was 47.7. After the application of the problem based learning model, there was an increase in the achievement of student scores in the first cycle to an average of 67.7, the average student response reaching 58.2. In cycle II, there was a significant increase, namely the achievement of the average score of students reaching 80, while student responses increased, reaching 76.2 in cycle II.
Downloads
References
Alma, Buchari. 2010. Guru Profesional (Menguasai metode dan terampil mengajar). Bandung: Alfabeta
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung ; Alfabeta
Daryanto. 2006. Media Pembelajaran. Yogyakarta ; Gava Media
Dewi Kristiana. 2015. Struktur Dalam Gerak Tari. Semarang. Universitas Negeri Semarang
Gustaf Asyirint. 2010. Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku
Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Hatmiyanti. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Hasil Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA 1 Kota Bekasi tahun Pelajaran 2010/2011.
I Komang Sukendra dan I Wayan Sumandya. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja dan Bakat Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 19(1), 30–38.
Mastur Faizi. 2013. Ragam Metode Mengajar Eksakta Pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman Jogjakarta: Aswaja Pressindo
Purnomo eko, Deden Haerudin, Buyung Rahmanto, Julius Juih. 2016. Seni Budaya – Studi dan Pengajaran. Jakarta: Pusat Kurukulum dan Pembukuan, Kemendikbud
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta; PT Raja Perindo Persada
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta
Sukendra, I Komang. (2015c). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja dan Bakat Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. 5(1), 73–88.
Supriadi. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu
Suparmayasa I Putu, Darma Putra Kompyang, Alit Winaya, Budana I Made. 2019. Seni dan Budaya. Jogjakarta: Catur Wangsa Group
Suwandi, Sarwiji. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta; Yuma Pustaka
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
Yulia. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Anggah-Unggahin Lengkara Basa Bali siswa Kelas XI TB1 SMK Pariwisata Werdi Sila Kumara Silakarang Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Denpasar; Program Studi Bahasa IKIP PGRI bali
Wikipedia.2020.https://id.wikipedia.org/ wiki/Belajar, (akses 18 Januari 2021)
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.