UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEPEWARAAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY TEACHING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN
Keywords:
learning outcomes, sanity, Guided inquiry teaching, learning mediaAbstract
The presenter is the person in charge of leading and managing the course of an event. An emcee requires skills, knowledge, a pleasant voice and an attractive appearance. The purpose of this study was to determine the responses and learning outcomes of students in the civil service subject at the Indonesian Language Education Study Program, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia after the Guided inquiry teaching method was implemented by utilizing learning media. This type of research is classroom action research. This action research is designed using several cycles, where each cycle consists of four stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The subjects of this study were 12 semester students of the Indonesian Language Education Study Program for the academic year 2021/2022. The object of this research was the student's learning outcomes after being given learning using guided inquiry teaching methods and using visual learning media. The data collection method is the observation method, the test method and the questionnaire/questionnaire method. Based on the results of the study, it can be concluded that (1) There is an effect of the application of the guided inquiry teaching method by utilizing learning media in the civil service course. (2) There is a positive response in the application of the guided inquiry teaching learning method by utilizing learning media in improving the learning outcomes of civility subjects in 6th semester students of the Indonesian Language Education Study Program for the academic year 2021/2022.
Downloads
References
Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anonim. 2009. Definisi Implementasi Metode Pembelajaran. Diakses: 10 Januari 201
Aroma Kusuma Dewi, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Gips (Guided Inquiry Problem Solving) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam
Astuti, Joharman, & Suript. 2017. Penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa Kelas VB sd Negeri 1 Sidoharum taHun Ajaran 2016/2017.
Kala Cendekia,Vol (5), (4), 2017, 319-323
Ayu, Y.S.I. dan Utiya A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Pada Materi Pokoklarutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Kelas X MIA 5 SMAN 3 Surabaya. Journal of Chemical education. Vol. 3 (3) : 105-11
Fahmi Abdul Halim; Moch. Lailul Affandi, 2017. Penerapan (Guided Inquiry) Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa
Fridayanthi, P. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kepewaraan Mahasiswa Semester VII FPBS IKIP PGRI Bali. 21(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3742536
Fridayanthi, P. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Hubungan Publik Pada Mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia. 22(1), 68–78. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661187
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama: Bandung
Heri Susanto, Cholis Sa’dijah, Muhana Gipayana, 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Guided Inquiry Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelas V
Hisyam, Zaini dkk, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD : Yogyakarta Ida Damayanti, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar
I Kadek Yogi Mayudana, I. K. S. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682
I Komang Sukendra. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4033640
I Komang Sukendra, P. D. F. (2021). Peningkatan Kualitas SDM Guru Melalui Pengembangan Pendidikan Menuju Era Society 5.0 (pp. 118–128). https://drive.google.com/file/d/1WiQoFgQQFplMbou3ZVtNqb45oO2YYyRN/view?usp=sharing
Putu Dessy Fridayanthi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kepewaraan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Dengan Pembelajaran Daring. 22(2), 449–458. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550359
Putu Dessy Fridayanthi. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. 23(1), 73–84. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390946
Rapi, Ketut. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. PT. Rineka Cipta :Jakarta
Sukendra, I. K., Suharta, I. G. P., Ardana, I. M., & Ariawan, P. W. (2022). The Mechanism Development of Digital Mathematics Material Study Based on STEM. 7(2), 4098–4104. https://kalaharijournals.com/resources/FebV7_I2_495.pdf
Sukendra, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. 22(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4661195
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan kelas. Diva Press : Yogyakarta
Triani, Enni. 2010. Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII6 semester I SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2009/2010.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.