ANALISIS KONTRIBUSI KURIOSITAS, KETAHANMALANGAN DAN KEMAMPUAN ALGORITMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • I Gst A Ngr Trisna Jayantika Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Bali
  • Edy Hermawan Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Bali
  • I Gst A Gede Wiadnyana Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Bali

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi kuriositas, ketahanmalangan dan kemampuan algoritmik terhadap hasil belajar mahasiswa. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali tahun akademik 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan banyaknya sampel didapatkan sebanyak 48 orang. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan angket kuriositas, angket ketahanmalangan, tes kemampuan algoritmik serta dokumen berupa hasil Ujian Tengah Semester untuk data hasil belajar mahasiswa. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis jalur.

Dari hasil uji analisis data didapatkan hasil sebagai berikut: (1) kuriositas mahasiswa memberi kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan koefisien regresi 0,631 sehingga besarnya kontribusi kuriositas terhadap hasil belajar mahasiswa adalah 57,11%, (2) ketahanmalangan mahasiswa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan kefisien regresi 0,629 sehingga besarnya kontribusi ketahanmalangan terhadap hasil belajar mahasiswa adalah 62,64%, (3) kemampuan algoritmik memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan koefisien regresi 0,488 sehingga besarnya kontribusi kemampuan algoritmik terhadap hasil belajar adalah 23,81%. (4) kuriositas, ketahanmalangan dan kemampuan algoritmik berkontribusi secara simultan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan , sehingga besarnya kontribusi secara simultan kuriositas, ketahanmalangan dan kemampuan algoritmik terhadap hasil belajar mahasiswa adalah 59,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candiasa, I.M.2010.Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS.Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha
Efendi, A. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successful Intelligence Atas IQ. Bandung: Alfabeta.
Muhibbin, Syah.2011.Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Muntori. 2007. Peningkatan Pemahaman Kimia Melalui Paduan-paduan Pembelajaran Kooperatif dan Pemecahan Masalah Kimia dengan Teknik Pathway. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 17.
Nakleh, M.B & Mitchell, R.C. 1993. Concept Learning Versus Problem solving. Journal of Chemical Education. Vol 70, No 3, Hal 190-192.
Slameto.2011.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Stoltz, P.G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Terjemahan: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudarman.2012.adversity quotient: kajian kemungkinan pengintegrasiannya dalam pembelajaran matematika. Aksioma, Volume 01 nomor 01 Maret 2012
Sudjana.2000.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Susanto, E.2009.Siswa dan Matematika.Surabaya:Rineka Cipta

Published

2018-10-31

How to Cite

Jayantika, I. G. A. N. T., Hermawan, E., & Wiadnyana, I. G. A. G. (2018). ANALISIS KONTRIBUSI KURIOSITAS, KETAHANMALANGAN DAN KEMAMPUAN ALGORITMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Widyadari, 19(2). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/186