PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE FORM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
Keywords:
Google Form, Cultural Arts, Learning OutcomesAbstract
This study aims to improve student learning outcomes, as well as the response and impact of the application of Google Form media in the Cultural Arts subject for class X AP 2 SMK PGRI 1 Badung in the 2020/2021 school year. This Google Form media is a google docs service that can be used for surveys, invitations, attendance, online quizzes. Google Form media is used to increase students' interest in learning so that if students' interest in learning increases, student learning outcomes also increase. The results showed that before the application of Google Form media the average value was 69.5. After the application of Google Form media the average became 85.17 with 100% classical completeness in the first cycle which showed a significant increase of 17.01. The results of observing student responses before using Google Form media with an average of 67.27. After using Google Form the average becomes 86.6. Based on the results obtained, it can be said that the application of Google Form media has succeeded in improving learning outcomes in the subjects of Cultural Arts for class X AP2 SMK PGRI 1 Badung for the 2020/2021 school year.
Downloads
References
Aristoteles, TT. “Classical theory of concepts” https://id.wikipedia.org/wiki/Kons ep . 20 November 2020: 12.35
Arsyad, Azhar. 2010. “Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan”. Banjarmasin. PT. Raja Grafindo Persada.
Bagaskoro, Aji, dkk. 2013. “Buku Seni Budaya untuk SMK/SMA kelas X Semester 1”.Jawa Tengah.Viva Prakindo
Darwis, Muhamad. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. file:///C:/Users/Master/Downloads /945-1998-1-PB.pdf . 25 Februari 2021: 12.23 WITA.
Drajat, Zakiyah. 1996. “Metodik Khusus Pembelajaran Islam”. http://e- journal.stai- iu.ac.id/index.php/tabyin/article/vi ew/6/4 25 Februari2021;
Emzir. 2008. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif” Yogyakarta. Gajah Mada University.
Hasanah,Uswatun.2013. “PENERAPAN BAHAN AJAR WORKSHEET DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA”. http://repo.iain- tulungagung.ac.id/2810/2/Executi ve%20Summary.pdf 27 Oktober 2020 :
Husein,Hamdan.2016. “PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI”.https://media.neliti.co m/media/publications/284573- penggunaan-google-form-sebagai- alat-peni-9ee5ffe6.pdf 27 Oktober 2020 : 09.36 WITA
Kamaril, 2001. “Konsep Pendidikan Seni Tingkat SD-SLTPSMU. Makalah Semiloka Pendidikan Seni”. Jakarta 18-20 April 2001.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Sabtu, 19 Desember 2020:
Library Universitas Bina Nusantara, 2013. “Seni dan Kebutuhan Manusia”. http://library.binus.ac.id/eColls/eT hesisdoc/Bab2/2013-1-00459- JP%20Bab2002.pdf 28 November 2020:
Nurkancana, Wayan. 1986. “Evaluasi Pendidikan” Surabaya. Usaha Nasional
Prasetyo, Agung,dkk. 2013 “Buku Seni Budaya untuk SMK/SMA kelas X Semester 1”.Jawa Tengah.Viva Prakindo
Rima,Ega. 2016. “Ragam media pembelajaran”. Jakarta. Kata Pena.
Rizal, Fauzi. 2014. “Penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia” http://repository.upi.edu/ Jumat, 4 Desember 2020 .
Rizky, Ari dkk. 2019. “Pengembangan e- modul berbasis e-learning Mata Pelajaran Seni Budaya Konsep Budaya, Seni, dan Keindahan kelas X SMKN 1 Turen Malang” http://journal2.um.ac.id/index.php /jinotep/article/view/7950/5666 Jumat, 4 Desember 2020 :
Sudaryo,Yoyo,dkk. 2019. “Metode Penelitian Survei Online dengan Google Form”.Yogyakarta. Andi 1.
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Menejemen” Bandung. CV. Alvabeta.
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RnB” Bandung. CV. Alfabeta.
Suwandi, Sarwiji. 2009. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah” Surakarta. Yuma Pustaka bekerjasama dengan FKIP UNS
Syafalevi, 2011. Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES: Jakarta
Syah Haji, Riskon Halal. 2020. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”. Dikutip 12 Oktober 2020 dari Jurnal Sosial dan Budaya : https://core.ac.uk/download/pdf/3 25992698.pdf
Tri Rahayu,Tya Wahyu.2014. PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CTL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA. http://prosiding.upgris.ac.;id/inde x.php/masif2014/masif2014/paper /view/510/452 29 Oktober 2020 :
Yohanes,Joko. 2016. “Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa”. file:///C:/Users/Master/Downloads /9-17-1-SM.pdf . 20 Februari 2021: 14.34 WITA.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.