PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XII BDP 1 SMK NEGERI 1 NEGARA
Keywords:
Project Base Learning, students, achievement, canvaAbstract
This classroom action research aims to increase students’ achievement of entrepreneurship and creative product lesson by applying learning model Project Based Learning (PjBL). This research was conducted in class XII BDR SMK Negeri 1 Negara at second term in academic year 2021/2022 to 33 students. The research’s result shows at cycle 1, the mean score is 74,30 which is categorized good and mastery of learning outcomes achieve 72,73% classically. Meanwhile, at cycle 2, the mean score results 82,42 which is categorized good and mastery of learning outcomes achieve 96,97% classically. The result shows that the applying of Project Based Learnng model using Canva application can increase students’ achievement of entrepreneurship and creative product lesson at class XII BDR 1 SMK Negeri 1 Negara at second term in academic year 2021/2022
Downloads
References
Ali, M. 2004. Peningkatan Pemerataan Memperoleh Pendidikan Berkualitas Melalaui Akreditasi Sekolah, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Surabaya, V.5-9 p.34-46, Oktober, 2004.
Adawiyah, R., Fitriani, R., Ashari, M. A. 2019. Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Proyek Berbasis Sains di TK Titipan Ilahi Renco Kelayu Jorong. Jurnal Children Advisory Research and Education JCARE. Vol 7 No. 1 (hlm 2-6).
Fahminnansih, F., Endra R., dan Ayouvi P. W. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian dan pemberdayaan Masyarakat. Vol 2 No. 2 (hlm. 152-259).
Khairat, Y. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jurnal teknologi Pendidikan. Vol 9 No. 2 (hlm. 185-196).
Pujiriyanto. 2019. Modul 2 Pendidikan Profesi Guru Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Keudayaan.
Rismayawati, E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Based Project untuk Meningkatkan Hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Materi Desain Produk. Journal of Education Action Research. Vol 4 No. 1 (hlm. 62-70).
Setiawan, T. dan Fanny H.A.P. 2021. Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk Umkm Di Cepogo Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial, dan Humaniora. Vol 2 No. 12 (hlm. 53-56).
Widyantini, T. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.