PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI PERGURUAN TINGGI DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERLANDASKAN KONSEP TRI KAYA PARISUDHA
Keywords:
Pendidikan Matematika Realistik, Tri Kaya ParisudhaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar dengan pendidikan matematika realistik berlandaskan konsep tri kaya parisudha yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Adapun bahan ajar uang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku untuk mahasiswa dan buku untuk dosen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian, teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di jurusan pendidikan matematika IKIP PGRI Bali. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahan ajar trigonometri dengan pendidikan matematika realistik berlandaskan konsep tri kaya parisudha yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Adapun karakteristik pembelajarannya: 1) menggunakan masalah kontekstual (the use of context); 2) menggunakan berbagai model (the use of models); 3) kontribusi mahasiswa (student contributions); 4) interaktivitas (interactivity); 5) keterkaitan (intertwining); 6) proses pembelajaran mengarah pada pembentukan nilai pengetahuan, keterampilan serta sikap yang baik. Sedangkan karakteristik bahan ajarnya adalah: 1) berisi tentang petunjuk penggunaan buku; 2) peta konsep; 3) sub pokok bahasan; 4) tujuan pembelajaran; 5) tercantum kunci jawaban; 6) tercantum petunjuk pelaksanaan pembelajaran; 7) daftar pustaka.
Downloads
References
Munir. 2011. Kurikulum Berorientasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: alfabeta.
Makhfudin. 2011. Inovasi Pembelajaran Matematika. http://ochimath.wordpress.com/2012/01/11/inovasi-pembelajaran-matematika/ . Didownload pada tanggal 5 Maret 2018
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2006. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nieveen, N., McKenney, S., van den Akker.2006. “Educational Design Research” dalam Educational Design Research. New York : Routledge
Plomp. 2010. “Educational Design Research : An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institute for Curriculum Development.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://Pusat Bahasa. Diknas. co.id/KBB/indeXI.php. Didownload pada tanggal 5 Maret 2018.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Sembiring, R.K. 2008. Apa dan Mengapa PMRI, Majalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Volume VI, No. 4, 5 Maret 2018 (hlm. 60-61). Bandung.
Suharta. 2006. Penelitian Desain Pembelajaran. Makalah (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.
Sadra. 2007. Pengembangan model pembelajaran matematika ber-wawasan lingkungan dalam pelatihan dosen kelas I SD. Desertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Surabaya
Sadra, dkk. 2008. Penerapan Pembelajaran Berwawasan Konstruktivis Berbantuan LKS Berpendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa SMKN 2 Singaraja. Hasil Penelitian (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Suparta, I Nengah, dkk. 2009. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Sambangan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa . Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Published
How to Cite
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.