ASPEK MORALITAS DALAM KUMPULAN CERPEN SEMPRONG PUUN KARYA NI WAYAN ANTARI DKK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Keywords:
morality aspect, short stories, semprong puunAbstract
This study reveals the aspect of morality in the collection of short stories Semprong Puun by Ni Wayan Antari et al and its implications in learning literature. This study aims to obtain an overview of the aspects of morality contained and its implication in learning literature at Senior High School in the collection of short stories Semprong Puun by Ni Wayan Antari et al. This research uses qualitative research type. The method used in obtaining the data is the method of documentation or literature study. The results of data analysis show that some of the short stories in the collection of Semprong Puun short stories have moral values such as honesty, being yourself, willingness to take responsibility, moral independence, moral courage, humility, being realistic, and critical. In their work, Ni Wayan Antari et al emphasize the value of humility as well as being realistic and critical. Based on the results of the research that has been done, it is known that the aspect of morality in the collection of short stories from Semprong Puun is relevant in learning literature in high school.
Downloads
References
Antari, N.W., Putu Ardana Bukian, Ni Komang Ari Pebriyanti, Geg Ary Suharsani, Putu Arie Surya Pranatha, Astika W, Ni Wayan Kristina, I Wayan Kuntara, IG Mardi Yasa, I Made Nurjaya, I Gde Nyana Kesuma, Rai Sri Artini, Ni Luh Putu Rajini Putri, Putu Reland Dafincy Tangkas, Ni Made Royani, I Kadek Ruminten, Ni Luh Sriyani, I Nyoman Sadwika, Kadek Widiadnyani, dan Desak Made Yoniartini. 2021. Semprong Puun. Tabanan: Pustaka Ekspresi.
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral (Landasan Konsep Dasar dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.
Djojosuroto, Kinayati dan M.L.A. Sumaryati. 2014. Bahasa dan Sastra (Penelitian, Analisis, dan Pedoman Apresiasi). Bandung: Nuansa Cendekia.
Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasan, Abdillah F. 2012. Jadi Penulis Top? Gampang!. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Izzati, Arini Noor dan Tri Wahyuni Munindrati. 2012. “Nilai Moral Kejujuran, Otentik atau Menjadi Diri Sendiri, Kesediaan untuk Bertanggung Jawab, Kemandirian Moral, Keberanian Moral, Kerendahan Hati, serta Realistik dan Kritis” dalam Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Editor I Wayan Rasna dkk.). Denpasar: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha bekerja sama dengan Pustaka Larasan.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ratna, Kutha Nyoman. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sjarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak¬, Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.