STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT PESISIR BALI SELATAN DI ERA MODERNISASI

Authors

  • Riwanto Riwanto

Keywords:

bertahan hidup, masyarakat pesisir, moderenisasi

Abstract

Strategi pengembangan industri pariwisata disatu sisi telah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Bali ke arah perkembangan yang lebih baik, tetapi disisi lain memunculkan berbagai persoalan baru terutama bagi anggota masyarakat yang tidak mampu bersaing untuk terlibat langsung dalam semakin maraknya perkembangan industri pariwisata Bali, kondisi tersebut memunculkan  fakta sosial bahwa terdapat sebagian masyarakat lokal yang benar-benar tidak banyak terlibat secara maksimal dalam proses pembangunan industri pariwisata yang terus berkembang.

Penentuan informan dalam menelitian ini menggunakan teknik snaw balling sampling, data dikumpulkan dengan menggunakan metode obsevasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan pencatatatan dokumen, selanjutnya data yang telah terkumpul dibedah dengan teori pertukaran yang dikembangkan oleh George Caspar Homans.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat sebagian masyarakat Bali yang tidak mampu bersaing terlibat langsung dalam semakin maraknya perkembangan industri pariwisata di Bali sehingga sebagian wanita Pantai Brawa Desa Tibubeneng Kecamatan Kuta utara memilih profesi sebagai nelayan, dan sebagian masyarakat Dusun Grahasanti Desa Sidakarya Kecamatan Denpasar Selatan memilih profesi sebagi petani garam. Pilihan profesi tersebut karena alasan rendahnya tingkat pendidikan, lingkungan alam yang mendukung untuk menjalani profesi tersebut, dan secara ekonomi profesi tersebut cukup mengungtungkan bagi mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anies. 2006. Manajemen Berbasis Lingkungan Seri Lingkungan Hidup dan Penyakit. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Benard Raho. 2007. Teri Sosiologi Modern. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Damsar. 20015. Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta : Prenadamedia Group
Firmansyah, Herlan. 2010. Advanced Learning Economics. Bandung: Grafindo Media Pratama
Gilbert, Alan. 2007. Urbaisasi dan Kemiskinan di Dunia Ketiga. Yogjakarta : PT. Tiara Wacana
I Ketut Ardhana., dkk. 2012. Komodifikasi Identgitas Bali Kontemporer. Denpasar : Pustaka Larasan
Irwan Abdulah. 2015. Kontruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Yopgyakarta : Pustaka Pelajar
Mansour Fakih. 2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta : INSIST Press
Ritzer, George., dan Douglas J. Goodman. 2011. Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmoderen. (Penerjemah : Nurhadi). Bantul : Kreasi Wacana
Sindung Haryanto.2012. Spektrum Teori Sosial Dari Klasik Hingga Postmodern. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Published

2019-03-19

How to Cite

Riwanto, R. (2019). STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT PESISIR BALI SELATAN DI ERA MODERNISASI. Widyadari, 19(2). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/183