PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN TEKS DISKRIPTIF PADA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 KERAMBITAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keywords:
kartu bergambar, memuaskan, kualitas, senangAbstract
Peranan media dalam proses belajar mengajar sangat besar sekali. Pada pembelajaran jenis deskriptif, media yang sangat mudah dipakai adalah gambar. Gambar dapat mewakili berbagai macam objek yang diperlukan sesuai tema yang diajarkan. Disamping itu penggunaanya juga bisa bervariasi sesuai model pembelajaran yang diinginkan. Pembelajaran jenis teks diskriptif di SMA Negeri 1 Kerambitan dari tahun ke tahun hasilnya kurang memuaskan. Pada tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil pola pembelajarannya dikembangkan dengan menggunakan media kartu bergambar untuk pembelajaran teks deskriptif Subjek yang diuji adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kerambitan dengan lama penelitian satu semester dalam tiga siklus. Hasilyang diperoleh cukup memuaskan. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan kualitas hasil tulisan siswa dalam menyusun teks deskriptif. Rata-rata peningkatan kualitas tulisan siswa mencapai 25 % dibandingkan dengan sebelum diberi tindakan. Untuk keaktifan siswa juga menunjukan kenaikan sebesar 50%. Dari hasil angket yang diberikan pada siswa setelah akhir siklus 80% siswa merasa senang dengan pola pembelajaran ini.
Downloads
References
Deporter, Bobby, dan Mike Hernacki. (2000). Quantum Learning. Boston: Alyn and Bacon.
Dumitreescu, Valeriu. (2000). Authentic Materials: Selection and Implementation inExercise Language Learning dalam English Teaching FORUM.
Kemmis,S dan R Mc Taggart ( Editor). (1988). The Action Research Planner. Gcclong:Deakin University Press.
Mc. Niff, Jean. (1988). Action Research: Principles and Practice. New York: Routledge.
Sadiman, AriefS et.al. (2002).Media Pendidikan: Pengerlian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.