PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX G SEMESTER I SMP NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
learning model, Cooperative Type TAI, learning outcomesAbstract
The TAI type cooperative learning model is a learning model that forms small, heterogeneous groups with different thinking backgrounds to help each other with other students who need help. The purpose of this study was to improve students' mathematics learning outcomes through the application of the Team Assisted Individualization (TAI) Cooperative learning model. This type of research is classroom action research. The research subjects were students of class IX G SMP Negeri 3 Sukawati in the first semester of the 2019/2020 school year totaling 38 students. In this study, two cycles were used and each cycle went through four stages of the activity process which included (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) evaluation and reflection. The data collection technique in this study is using the test and observation method. The results showed that only 12 students had completed the initial data, while in the first cycle there were 26 students and in the second cycle, 36 students were able to fulfill the KKM. This proves that the Team Assisted Individualization learning model can provide answers according to the purpose of this study, namely to improve mathematics learning outcomes for class IX G students of SMP Negeri 3 Sukawati.
Downloads
References
Adnyani, Nyoman. 2002. Kelemahan-kelemahan Penerimaan Siswa SMP yang Beracun pada NUAN. Makalah yang disampaikan dalam Seminar Ilmiah Universitas Mahasaraswati, September 2003.
Ali, MS. 2002. Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa Faktor Psikologis. Disertasi. IKIP. Jakarta
Alien, Deborah. Et-al 1996. The Power of Problem Based Learning in Teaching Introductory Science Courses. Jossey-Boss Publiser.
Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 3 No.4. Jakarta: LTPTK dan ISP.
Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc
Anom. 2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global. Makalah. Disampaikan pada Seminar dalam Rangka HUT ke 36 Jurusan Fisika STKIP Singaraja pada 1 hari minggu 5 Nopember 2000.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Bakry, N.M. 1986. Logikci Praktis. Yogyakarta: Liberty
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2009. Kompetensi Supervisi Akademik. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Inten, I Gede. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan pengetahuan Awal Guru Terhadap Hasil Belajar PKN dan Sejarah pada Guru Mapel II SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Singaraja. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.
Peraturan Pemerintah No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Silogisme Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Guru Mapel III SMP Negeri Seririt (Eksperimen Pada Pokok Bahasan Reproduksi Generatif Tumbuhan Angiospermae). Tesis. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Purwanto, Ngalim. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet, PH. 2004. MBS, Life Skill, KBK, CTL, dan Saling Keterkaitannya. Makalah yang disampaikan pada Semiloka DBEP di NTB dan Bali.
Soedomo, M. 2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggara Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.
Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban disekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 LPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.