PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 2 DENPASAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING
Keywords:
open ended problem, student response, learning outcomes, online learningAbstract
Online learning is learning that is done online, using learning applications and social networks. Open-ended problems are learning that begins with giving problems openly with various solutions and solutions. The purpose of this study was to determine the responses and results of students' mathematics learning through the application of an open ended problem learning model with online learning using the zoom application and google classroom. This type of research is classroom action research which consists of 4 stages, namely: planning, implementing actions, observing and reflecting which is carried out in 2 cycles. The research subjects were students of class XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Denpasar in the academic year 2020/2021 as many as 46 students. Based on the results of the analysis, it can be concluded (1) the application of the open-ended problem learning model with online learning can improve students' mathematics learning outcomes, (2) there is a positive response from class XI IPA 5 students at SMA Negeri 2 Denpasar towards the application of the open-ended problem learning model with online learning in mathematics lessons on matrix material
Downloads
References
Ahmad, Khoiru dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Prestasi Pustaka Publisher : Jakarta
Anonim. 2011. Pengertian Hasil Belajar.
http://blognyaalul.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar.html
Diakses: 10 Januari 2012
Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta
Fadlisyah. 2010. Hasil Angket Respon Siswa. http://www.scribd.com/Fadlisyah/d/16851892/7-Tabel-4-7-Hasil-Angket-Respon-Siswa. (Diakses tanggal 8 Maret 2012)
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Husnuz Zaimah dan Khamim Thohari, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIIIG MTS Negeri 2 Mojokerto
Masriani, 2020. Penerapan Model pembelajaran Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Pecahan
Muhfida. 2009. Pembelajaran Konvensional. http://muhfida.com/pembelajaran-konvensional/. (Diakses Tanggal 4 Februari 2012)
Munawar, Indra. 2009. Definisi dan Pengertian Hasil Belajar. http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html. (Diakses Tanggal 4 Februari 2012)
Risna Kurniati, 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang JIP: Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 2, Nomor 1, Januari 2016
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. PT. Rineka Cipta :Jakarta
Silberman, Mel L. 2002. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani : Yogyakarta
Sholikhah, Z, Kartana, T.J, & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa. JES-MAT. Vol. 4 No 1
Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV. ALFABETA
Sukendra I Komang, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pebelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Terbuka Pada Mahasiswa Semester V FP-MIPA IKIP PGRI Bali Tahun Pelajaran 2016/2017
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan kelas. Diva Press : Yogyakarta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 LPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.