PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEPEWARAAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN DARING
Keywords:
discovery learning, learning outcomes, sanity, online learningAbstract
Online learning is learning that is done online using learning applications and social networks. Kepewaraan or emcee is a person in charge of leading and managing the course of an event. The purpose of this study was to determine the learning outcomes and student responses to the application of the discovery learning model in the civil service subject with online learning. This type of research is classroom action research which is implemented in an online form. The research subjects were students of the sixth semester of Indonesian and regional education at the University of PGRI Mahadewa Indonesia for the academic year 2020/2021. The object of research is the learning outcomes of the Civics subject with the application of discovery learning learning models with online learning. This study used two cycles, and each cycle went through four stages of the activity process (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) evaluation and reflection. The data collection technique in this research is using the test and observation method. The results of the research show (1) The application of discovery learning learning models can improve the learning outcomes of civility subjects with online learning. (2) There is a positive response of students with online learning to the application of the discovery learning model.
Downloads
References
Anonim. 2011. Pengertian Hasil Belajar.
http://blognyaalul.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar.html
Diakses: 10 Januari 2012
Dewi Adeninawaty, dkk (2018), Penerapan model pembelajaran discovery learning strategi think talk write dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar menulis teks ulasan kelas VIII SMP.
Endah, Tri Priyatni. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Ina Magdalena dkk, 2021. Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Iii SDN Sindangsari III. Pandawa :Volume 3, Nomor 1, Januari 2021
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Muhfida. 2009. Pembelajaran Konvensional. http://muhfida.com/pembelajaran-konvensional/. (Diakses Tanggal 4 Februari 2012)
Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Riswanda Himawan (2020), dengan judul Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP
Salam, St.Nursiah B., Muh. Faisal, (209). Implementasi Model Pembelajaran Doscovery Learning pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara di SD Inpres Kompleks BTN IKIP Rosdiah. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM- 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”ISBN: 978-623- 7496-14-4
Siswanto, dkk (2020), Pengembangan Pelatihan Kepewaraan Bagi Warga Keldrahan Jatisari Kecamatan Ngaliyan Dalam Mendukung Percepatan Kota Layak Anak Di Kota Semarang.
Sujana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1.2016.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 LPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.