PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 4, SEMESTER GANJIL, SMA NEGERI 2 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
: inquiry learning model, activities, learning outcomes, chemistryAbstract
The low and the result of chemistry subject of grade eleven of science 4 where the average for it only 60. The problem of this research is "does inquiry teaching model Can improve to all student of grade eleven science 4 on first semester year 2019/2020 at Badung regency. is it possible to apply this inquiry teaching model can improve the motivation of the student result of chemistry subject of grade eleven science 4 on first semester year 2019/2020. The result of the research shows that applying inquiry teaching model can improve the student activity when learning chemistry subject of grade eleven science 4 on first semester of SMA Negeri 2 Mengwi year 2019/2020 at Badung regency that have known by the positive response of the student on first cycle can be reach 38,59 and increase on second cycle 40,12. Applying this inquiry teaching model can improve the activities of the student and the result of chemistry subject of grade eleven of science 4 of SMA Negeri 2 Mengwi year 2019/2020 at Badung regency, this is the best way to improve student activities on teaching learning process by using inquiry model.
Downloads
References
DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, Suharsini dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsini. 1989. Presedur Penelitian. Jakarta : Bina Sakti.
Arikunto, SAuharsini. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Garis-garis Besar Program Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran. Direktorat Pendidikan Dasar dan Mengengah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
Endang Susilowati, Tarti Harjani. 2013. Kimia Untuk SMA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Solo: PT Wangsa Jatra Lestari.
Eko Wahyudi, Lutfi., Spardi, ZA. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing. Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol 02. No 2. Tahun 2013
Hamzah B. Uno. M.Pd. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi Aksara.
Khan, Muzzafar., Zafar, Iqbal Muhammad. 2018. Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Meteri Suhu dan Kalor = Kelas X Semester II SMA Swasta Eria Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Medan: Reaserchgate
Nana Sutresna. 2014. Kimia untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Ngalimun, dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Nur Indah Sari, Kitri. 2013. Penerapan Metode Inkuiri Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Universitas Negeri Sebelas Maret
Nurullah, Husnawati. 2014. Penerapan Pendekatan Inkuiri Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Larutan Asam Basa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saeed Khan, M., Husein Shaukat., Ali, Riasat. 2014. Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Pada Larutan Asam Basa Dengan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Aceh: Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2. No 01. 2014
Supardi Suharjono. 2011. Strategi Menyususn Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: ANDI.
Trianto, dkk. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 LPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.