IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRI BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA TOPIK KIMIA UNSUR KELAS XII IPA 7 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Implementation, Inquiri Based Learning (IBL), learning outcomes, elemental chemistryAbstract
The purpose of this study was to determine whether or not the Inquiri Based Learning model was implemented in solving problems, training student activities and increasing student learning outcomes significantly. This research is a classroom action research that uses direct observation of the course of learning in class. The research was carried out at SMA Negeri 7 Denpasar. The subjects of this study were students of class XII IPA 7 at SMA Negeri 7 Denpasar in the 2019/2020 academic year which consisted of 36 students. The research focus is on work procedures in action research. The activity cycle consists of two cycles, each of which includes planning, action, observation and reflection. Learning outcomes and teacher performance in doing can be measured using tests at the end of each cycle. The results of action research show (1) The implementation of the Inquiri Based Learning learning model can increase student learning activities, (2) The implementation of the Inquiri Based Learning (IBL) learning model can improve student learning outcomes, (3) There is a significant increase in learning outcomes between pretest and the posttest value after the implementation of the Inquiri Based Learning learning model is applied to the elemental chemistry material.
Downloads
References
Adrian. 2004. http://artikel.us/art05-65.html. Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa. 20-10-2004.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ariyani, Rosyda Safrida. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry-Based Learning) Pada Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang: tidak diterbitkan.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Fajarudin, Mokhamad Fauji. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Hamalik, O. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. 2004. Kimia SMA untuk kelas XI. Jakarta: esis.
Kean, Elizabeth dan Middlecamp, Catherine. (1985). A Survival Manual for General Chemistry (Panduan Belajar Kimia Dasar). Penerjemah: A. Pudjaatmaka. Jakarta: Gramedia.
Nasution Putra Awal Kurnia (2013:83). Implementasi model IBL (Inquiri Based Learning) berbantuan multimedia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia (studi pada siswa kelas X SMA N 2 Bengkulu Tengah) ternyata mengalami peningkatan. Bengkulu: tidak diterbitkan.
Purba, Michael. 2004. Kimia untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Rahimah, dkk 2019. Implementasi Model Inquiry Based Learning (IBL) Berbantuan Media Permainan Kata-List Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Ion dan PH Larutan Penyangga
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Suhardjono.2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, Malang: tidak ditertibkan
Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Tresna,
Suyitno, Amin, dkk. 2005. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Program Percepatan SMP 2 Semarang dalam Pembelajaran Matematika MelaluiModel Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry Based Learning) sebagai Strategi yang Berasosiasi dengan CTL (ContextualTeaching Learning). Penelitian Dosen.
Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 LPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.