KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS MAHADEWA INDONESIA
Keywords:
Competency, Professionalism, abilityAbstract
Lecturer professional competence can be defined as the ability both knowledge, attitudes and skills that must be possessed by a lecturer to carry out and be accountable for his duties according to predetermined instructions. The aim of this research was to describe the lecturers’ professionalism at Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Mahadewa Indonesia in academic year 2019/2020. This is a descriptive research with a survey method, which was carried out by distributing questionnaires. They were 233 students spreading from semester even from seven classes as the samples of the study, wich determined purposively based on the classes taught by the lecturers concerned. The finding proves that (1) the lecturers’ professionalism of Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi was assessed good by the students (mean: 4,95), (2) from the four competencies, personality competency reached the highest score (mean: 4,23), followed by Pedagogikal competency (mean: 4,15), professional competency (mean: 3.73). and finally social competency (mean: 3.73), and (3) all competence with both categories but there was some criticism from students who need attention
Downloads
References
Alam. H.S. 2012. A Study of Lecturers’ Professionalism in STMJK STIKOM Indonesia, Bali. Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Bahasa. Singaraja: Universims Pendidikan Ganesha.
Arikunto, S. 2002. Frosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Fraktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dantes, N. 2006. Peningkatan Profesionalisme Dosen sebagai Tenaga Akademik. Materi Pelatihan Teknis Fungsional Pengembangan STSI Denpasar yang diselenggarakan tanggal 24 Agustus 2006.
Dantes, N. 2007. Pengantar Pendidikan don Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Dantes, N. 2009. Standar Kompetensi Dosen. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, N. 2011. Pembinaan Guru Profesional Berbasis Karakter (Suatu Rangkaian Perspeknf dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global). Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guni. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes. N. 2012. Profesi Guru Dalam Kaitannva Dengan Peningkatan Profesionalisine Guru (ReJ7eksi Tentang Siruktur Progain LFTK. (Online), (http://nyomandantes.wordpress.com/page/2/, diakses tanggal 28 Januari 2012).
Karsidi, R. 2011. Profesionalisme Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Otonomi Daerah. (Online), (http//www.uns.ac.idtdatat002 3 .pdf, diakses tanggal 19 Desember 2011).
Koster, W. 2006. Memperjuangkan Nasib Guru dan Dosen, Sikap dan Pandangan Seorang Anggota Fraksi PDIP DPR RI dalam Pembenttikan dan Pelaksanaan UU Guru dan Dosen. Hak Cipta @ Wayan Koster, November 2006.
Nurchayati.20 12. Persepsi Mahasiswa terhadap Profesionalisme Dosen Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Serat Acitva Jurnal Iimiah UWTAG Semarangl(1): 1-10.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Rahardja, T.& Sub, S.I. La. 2005. Penganrar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Santyasa, I W. 2011. Dimensi-Dimensi Teoretis Peningkatan Profesionalisme Guru. (Online). (http://staipumajalengka.Files. Word- press .coml2009109/dimensiteoriti sprofesionalisguru.pdf, diakses 19 Desember 2011).
Sudiana, I N. 2003. Peranan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Dosen) terhadap Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (Online), 3 6(4). (http:!fwww. lemlit.undiksha.ac .id/images/img_item/680 .doc, diakses 28 Desember 2015).
Surya, M. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: Aneka Ilmu.
Yuwono. G.I. dan Harbon. L. 2010. English Teacher Professionalism and Professional Development: Some Common Issues in Indonesia. The Asian EFL Journal Quarterly. 12(3): 145-163.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 LPPM Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.