https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/issue/feed Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni 2024-01-05T10:32:52+00:00 I Kadek Adhi Dwipayana, S.Pd., M.Pd. adhidwipa88@gmail.com Open Journal Systems <p>Stilistika: Journal of Language and Arts Education is a language and arts education journal published by the Indonesian and Regional Language Education Study Program, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely in <strong>May</strong> and <strong>November</strong>. Contains writings in Indonesian and English originating from the results of research, theoretical studies and application of theory to the study of educational issues, language and art.</p> https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3178 IMPROVING STUDENT’S READING COMPREHENSION THROUGH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) ON ACCOUNTING STUDENTS IN TRIATMA MULYA UNIVERSITY 2023-11-17T00:55:03+00:00 Ni Made Ernila Junipisa ernila.junipisa@triatmamulya.ac.id Ni Made Ayu Purnami madeayupurnami1995@gmail.com <p>This research is aimed to find out whether or not the implementation CIRC during students’ learning activities. The participant of this research was 30 students in accounting class in Triatma Mulya University. The required data were collected through the use of questionnaire, observation checklist, and reading test. The data from the questionnaire indicated that students had positive attitude toward the implementation of CIRC. CIRC improves their &nbsp;reading comprehension in learning English and this technique brings more fun to the process of learning. Moreover, it was found from observation data that the students were actively participated during the &nbsp;implementation. Finally, the study proved that CIRC improved students’ reading comprehension Students’ mean score of reading &nbsp;before implemented this technique was 56.06&nbsp; in the beginning of the study the mean score&nbsp; was 71.2 their mean scores improved from 77,94 to&nbsp; 85,23.</p> <p><strong><em>Keywords: CIRC ,Reading Comprehension , Accounting Students&nbsp; </em></strong></p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3220 ANALISIS KATA STAYCATION PADA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI AKOMODASI PERHOTELAN DI BALI 2023-10-18T06:55:14+00:00 Gede Sidi Artajaya sidiartajayagede@gmail.com Ni Made Rinayanthi Rina rinayanthi@stpbi.ac.id <p>Artikel ini menganalisis tren penggunaan kata "staycation" melalui iklan perhotelan Bali di Instagram. Staycation, yang merupakan gabungan dari kata "stay" dan "vacation," mengacu pada konsep menghabiskan waktu liburan di dalam kota atau di sekitar tempat tinggal seseorang. Dalam artikel ini, kami menggunakan data dari iklan perhotelan di Bali yang diposting di platform Instagram untuk memahami tren dan pola penggunaan kata staycation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis konten iklan perhotelan yang menggunakan kata staycation dalam teks atau keterangan iklan. Penulis mengumpulkan dan menganalisis sejumlah iklan perhotelan Bali yang diposting di akun Instagram resmi mereka. Fokus utama analisis adalah untuk mengidentifikasi seberapa sering kata staycation digunakan, bagaimana kata tersebut dipasangkan dengan elemen visual iklan, serta konteks dan strategi pemasaran yang terkait dengan penggunaan kata tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan kata staycation dalam iklan perhotelan Bali di Instagram mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan adanya tren yang berkembang di kalangan wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang santai dan nyaman tanpa harus bepergian jauh dari tempat tinggal mereka. Penggunaan kata staycation dalam iklan tersebut biasanya diperkuat dengan visual menarik yang menggambarkan fasilitas hotel yang memanjakan, kolam renang yang indah, dan makanan lezat yang disajikan di tempat.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3304 ROGGHA SANGHᾹRA BHŪMI 2023-11-15T06:42:24+00:00 Anak Agung Gde Alit Geria aaalitgria63@gmail.com <p>Teks <em>Ronggha Sanghāra Bhumi</em>, merupakan ajaran kepemimpinan (<em>niti</em>) dari Bhagawan Dharma Loka, yang diterima baginda raja Majapahit hingga di Bali. Teks berisi uraian tatkala bumi dalam keadaan kali yuga (<em>sanghāra</em>). Ditandai dengan kembalinya para dewata menuju alam surga (Mahameru). Digantikan atau dipenuhi sifat-sifat jahat (<em>běbhutan)</em> merasuk pada setiap pikiran manusia, sehingga dunia menjadi tidak menentu (<em>roggha</em>). Konflik (perang) berkepanjangan, di antara pemimpin (raja) saling hina dan bermusuhan, penyakit (<em>sasab mrana)</em> tiada hentinya, kematian mendadak dilanda muntaber, dan sejenisnya. Segala upaya pengobatan tradisional (<em>usada</em>) dan (<em>japa mantra</em>) telah dicoba namun tidak berhasil, wabah penyakit mendunia.</p> <p>Merebaknya berbagai penyakit di seluruh penjuru dunia, adalah akibat <em>dewata luhuring akasa murka </em>sehingga banyak manusia mati tidak tertolong. Seorang raja (pemimpin) akan tertimpa bahaya, ditandai dengan adanya salah <em>wtu (manakan salah), salah rupa, </em>salah prilaku, kebenaran terabaikan, raja dilecehkan, raja berbuat sewenang-wenang hingga rakyat menjadi sakit hati, dan seterusnya, menjadikan dunia ini rusak/hancur (<em>sanghāra</em>). Keadaan yang mengerikan itu bisa teratasi dengan cara menepi, mengurung diri di rumah, karena <em>běbhutan</em> sedang bergerak (<em>apan</em> <em>běbhutan sděng lumaku)</em> merasuki manusia di jagat raya ini. Selain itu, manusia mesti senantiasa berdoa kepada Sang Pencipta, melakukan&nbsp; upacara <em>yajña mamarisudha bhumi, </em>menggelar upacara <em>pacaruan</em> (menetralisir dunia beserta isinya) secara menyeluruh berlandaskan rasa bakti yang tulus ikhlas mohon perlindungan-Nya.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>roggha</em>, <em>sanghara</em>, <em>pamarisudha</em>, dan <em>yajña</em>.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3277 PERAN FOREIGN BUDDY TUTOR SYSTEM DALAM MENINGKATKAN SPEAKING SKILL BAHASA INGGRIS MAHASISWA DI STIKES BINA USADA BALI 2023-10-31T05:59:16+00:00 Ayu Pertiwi Dewi Si Putu Agung gungayoe@gmail.com Ni Komang Purwaningsih purwacham89@gmail.com <p>Speaking skill menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam komunikasi. Dalam program minor healthy and happy ageing. Mahasiswa wajib menguasai Bahasa inggris dan memiliki speaking skill yang baik karena mereka diwajibkan untuk menjadi tutor untuk mahasiswa asing selama berada di Bali. Salah satu cara untuk meningkatkan speaking skil mereka adalah dengan senantiasa memberikan metode pengajaran yang lebih kreatif guna mengasah kemampuan mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk &nbsp;meningkatkan speaking skill Bahasa inggris mahasiswa Bina Usada Bali dengan menerapkan foreign buddy tutor system. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana terjadi peningkatan yang signifikan dalam tiap siklusnya. Penerapan foreign buddy tutor system terbukti mampu meningkatkan speaking skill Bahasa inggris mahasiswa. Mereka menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam berkomunikasi dengan mengguakan Bahasa inggris karena lawan bicara mereka adalah orang asing. Penerapan metode ini terbukti mampu meningkatkan speaking skill mahasiswa.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3162 Pengenalan Bahasa Jepang Khusus Medis bagi Calon Caregiver pada Kelas Peminatan Bahasa Jepang di STIKes Buleleng 2023-09-28T12:59:25+00:00 Putu Cicilia Septipani putucicilia@gmail.com Anak Agung Ratih Wijayanti ratih.wijayanti@triatmamulya.ac.id <div> <p class="Badan"><a name="_Hlk145965504"></a><span lang="EN-US">Dalam pemenuhan kebutuhan tenaga asing caregiver di Jepang selain skill perawatan juga harus dapat memenuhi prasyarat penting salah satunya mengenai penggunaan Bahasa Jepang bagi calon </span><em><span lang="DE">caregiver. </span></em><span lang="IT">Kegiatan ini bertujuan membantu mahasiswa calon </span><em><span lang="EN-US">caregiver </span></em><span lang="DE">untuk menguasai pemahaman berbahasa Jepang khusus medis sebagai prasyarat bekerja di Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode deskriptif kuantitatif berupa </span><em><span lang="DE">pre-test</span></em><span lang="DE">, dan </span><em><span lang="DE">post-test</span></em><span lang="DE"> dijabarkan dengan angka-angka. Sedangkan deskriptif kualitatif berupa hasil </span><em><span lang="DE">pre-test</span></em><span lang="DE"> maupun </span><em><span lang="DE">post-test</span></em><span lang="DE"> yang dijabarkan dengan kata-kata sesuai kondisi, situasi, dari data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian in</span><span lang="DE">i didapatkan hasil </span><em><span lang="DE">pre-test</span></em><span lang="DE"> dengan persentase </span><span lang="DE">32%, ini menunjukkan nilai tersebut termasuk kategori (kriteria) sangat kurang, dengan interval 0% hingga 35%.&nbsp; Setelah pemberian pemahaman secara mendetail, mengalami peningkatan dengan presentase 97%. Dilihat dari tabel indikator capaian, termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan interval 85% hingga 100%.&nbsp; Pemahaman konsep dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas tersebut memberikan hasil yang memuaskan.</span> <span lang="DE">Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kosakata </span><em><span lang="DE">(kotoba)</span></em><span lang="DE">, pemahaman pola kalimat (</span><em><span lang="FR">bunpou) </span></em><span lang="DE">serta pemahaman ungkapan sederhana (</span><em><span lang="EN-US">hyougen</span></em><span lang="DE">) khusus medis bagi calon <em>caregiver </em>pada kelas peminatan Bahasa Jepang di STIKes Buleleng</span></p> </div> <div> <p class="Badan"><span lang="DE">&nbsp;</span></p> </div> <div> <p class="LiteraKeyword"><span lang="EN-US">Kata kunci:</span> <em><span lang="EN-US">Bahasa Jepang, </span></em><em><span lang="EN-US">C</span></em><em><span lang="EN-US">aregiver</span></em></p> </div> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3319 FEMININITIES AND MASCULINITIES OF THE MAIN CHARACTER IN STEVEN KNIGHT’S MOVIE “SPENCER” 2023-11-28T09:45:24+00:00 Lim Raveena Alsya Syahbana limraveena12@gmail.com Made Rai Suarniti Gusti Ayu raisuarniti78@gmail.com <p>This research about <em>Femininities and Masculinities of the Main Character in Steven Knight's Movie ―Spencer‖</em>. The method which is used to collect the data is observation method and it is analyzed by qualitative method based on theory of value in which the theoretical concept is taken mainly from Connell's book entitled Masculinities (2005) which explained about the masculine theory in it and the book from Mahaney Feminine Appeal (2003) which explained the theory of femininity as a whole. Apart from that, there are other books as a reference for this theory, concepts regarding femininity and masculinity, which refer to behavior, gender, personality, and characteristics. Based on the data review, it can be found that the types of femininities and masculinities found in the data source are four for femininities and four for masculinities, the femininities consist of the mother and spouse, the hetaira, the amazon, and the medial women. Furthermore, masculinities consist of hegemonic, subordination, complexity, and marginalization. The film actors who were found to have types of femininities and masculinities were: Princess Lady Diana.</p> <p> </p> <p> </p> <p> </p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3312 ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN GENERAL ENGLISH DI SMK TRIATMA JAYA TABANAN 2023-11-21T08:33:48+00:00 Ni Putu Yunik Anggreni yunik.anggreni@triatmamulya.ac.id Agung Rai Antara agung.rai@triatmamulya.ac.id <p>Penggunaan ragam bahasa dilakukan dalam pembelajaran bahasa dalam proses interaksi antara pembelajar dan pengajar dan antar pembelajar. Penggunaan ragam bahasa dapat bervariasi tergantung dari penutur dan mitra tutur, topik yang dibicarakan dan kondisi pada saat berinteraksi. Kajian ini membahas tentang penggunaan alih kode (<em>code switching</em>), campur kode (<em>code mixing</em>) dan faktor penyebab penggunaan alih kode (<em>code switching</em>) dan campur kode (<em>code mixing</em>) dalam interaksi pembelajaran <em>General English</em> di Sekolah Menengah Kejurusan Triatma Jaya ( SMK TJ ) Tabanan. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Percakapan Siswa SMK TJ Tabanan adalah sumber data penelitian ini. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi diterapkan dalam kajian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) bentuk alih kode yang digunakan dalam pembelajaran <em>General English</em> adalah alih kode ekternal yaitu interaksi yang terjadi antara penutur dengan mitra tutur dengan menggunakan bahasa itu sendiri, misalnya dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dan sebaliknya, 2) campur kode yang digunakan adalah <em>outher code mixing</em> dan <em>hybrid code mixing</em>. Faktor penyebab penggunaan variasi bahasa ini dapat dijelaskan sebagai berikut campur kode dsebabkan karena faktor (1)mitra bicara,(2) topik,(3) fungsi dan tujuan pembicara,(3) ragam dan tindak tutur bahasa, sedangkan alih kode disebabkan oleh faktor (1)pembicara,(2) topik (3) fungsi dan tujuan pembicara,(4) ragam dan tindak tutur bahasa.</p> <p><strong><em>Kata kunci : alih code, campur kode, pembelajaran, general English, interaksi, SMK</em></strong></p> <p><em>The use of various languages is carried out in language learning in the process of interaction between students to teachers and between students to students. The use of the various languages can vary depending on the speaker and speech partner, the topic being discussed and the conditions during the interaction. This study discusses the use of code switching, code mixing and the factors causing the use of cade switching and code mixing in general English learning interactions at Triatma Jaya Vocational High School (SMK TJ) Tabanan. This research is qualitative descriptive research. Conversation that used by the students to teachers and the students to students are the data source for this research. Observation, interviews and study documentation methods were applied in this study. The result of the research show that: 1) the code switching form used in General English learning is external code switching, namely the interaction that occurs between speakers and interlocutors using the language itself for example from Indonesian to English or from English to Indonesian, 2) code mixing that used in the General English learning are outer code mixing and hybrid code mixing,3) the factors causing the use of language variations can be explained as follows : code mixing is caused by factors (1) interlocutor,(2) topic, (3) function and purpose of the speakers,(4) langiage function and speech act, while code switching is caused by factors ;(1) speakers, (2) topic, (3) function and purposes of the speaker, (4) varieties and language speech act.</em></p> <p><strong><em> </em></strong><strong><em> Keywords : code switching, code mixing, learning, general English, interaction, vocational school</em></strong></p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3126 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL BERFIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI ( THINK PAIR SHARE ) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX¬-D SMP NEGERI 4 MIMIKA 2023-09-13T12:40:23+00:00 Listianti Meindriana meindriana@gmail.com Astawan Nyoman nyoman.astawan@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran <em>Think pair Share </em>(TPS). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-D SMP Negeri 4 Mimika dengan jumlah 36 peserta didik dan dilakukan melalui 2 (dua) siklus. Secara klasikal kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,06 dari 62,14 sebelum dilakukan tindakan. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 11,92 atau 19,44% . Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,44, berarti terjadi peningkatan sebesar 10,38 atau 13,88 %. Hal ini berarti penggunaan model Pembelajaran <em>Think Pair Share</em> (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-D SMP Negeri 4 Mimika khususnya dalam pembelajaran menelaah struktur dan apek kebahasaan teks cerita pendek.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>struktur dan aspek kebahasaan, teks cerita pendek, &nbsp;model think pair share</em></p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/2929 THE TRADITION OF SIAT SAMPIAN IN BEDULU VILLAGE 2023-11-30T05:15:15+00:00 Ni Komang Putri Utami putriutamii2003@gmail.com Ni Kadek Menuh Widhiantari kadekmenuhwidhi@gmail.com Putu Agus Permanamiarta aguspermana@mahadewa.ac.id <p>The function and meaning as well as the aesthetic value of the <em>siat sampian</em> tradition are made to inform and present Bali with beautiful nature wrapped in local wisdom as well as various unique traditions on the island of the gods which are inherited from ancestors that still survive to this day. As one of them is known as <em>siat sampian</em>. <em>Siat sampian</em> is a unique tradition that is routinely held at <em>Samuan Tiga</em> Temple, <em>Bedulu </em>village, <em>Blahbatuh</em> District, <em>Gianyar</em> Regency. This tradition is held during a series of pujawali or piodalan ceremonies at <em>Samuan Tiga</em> Temple in <em>Bedulu</em> and is located in the central <em>jaba</em> area of the temple. Sampian is the symbol of Lord Vishnu's weapon. The assumption of the community, especially in the local area, is that they believe that this ritual is an abstract treatment medium, since decades, this belief has been used as a way of life by the community. This tradition can only be followed by people who have <em>mewinten</em> or people who have been entrusted with being <em>Jero</em> or <em>Pemangku</em>.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/3463 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA MAHASISWA SEMESTER III, PROGRAM STUDI PGSD, FKIP, UNIVERSITAS DWIJENDRA 2024-01-05T10:32:52+00:00 I Ketut Suar Adnyana suara6382@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode <em>picture and picture</em> dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi mahasiswa semester III Program Studi PGSD. Tahapan penelitian: 1) Metode yang digunakan dalam pengumpulan adalah metode wawancara dan melaksanakan pembelajaran. 2) Data yang telah terkumpul selanjutnya diperiksa untuk menentukan data yang relevan .3) Data disajikan dalam bentuk tabel kemudian data dideskripsikan. Berdasar pada hasil kajian pada siklus I persentase ketuntasan mahasiswa dalam membuat paragraf spasial 55 %, paragraf deskripsi objektif adalah 53%, paragraf deskripsi subjektif adalah 53%. Pada siklus II persentase ketuntasan mahasiswa dalam membuat teks deskripsi spasial adalah 72 %, teks deskripsi objektif 70%, dan teks deskripsi subjektif adalah 69%. Pada pelaksanaan siklus III persentase ketuntasan dalam membuat teks deskripsi&nbsp; adalah 82% , teks deskripsi objektif 79%, dan Teks deskrispi subjektif adalah 80 %. Dengan hasil tersebut keterampilan mahasiswa dalam membuat teks deskripsi mengalami peningkatan.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni