Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPA Di SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020
The Effect of Student Worksheet Utilization and Learning Independence on Learning Outcomes in Economic Subjects Class XI Natural Science In SMA Negeri 5 Denpasar Academic Year 2019/2020
Keywords:
Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa, “Ada Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Denpasar.Jenis Penelitian ini tergolong Expost Facto. Populasi sebanyak 358 orang siswa dengan jumlah sampel 78 orang siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Denpasar. Hasil analisis menunjukkan : 1) ada pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar ekonomi, dengan hasil uji t diperoleh t-hitung sebesar 3,667 > dari t tabel 1,99 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. 2) ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi, dengan hasil uji t diperoleh t-hitung sebesar 3,163 > dari t tabel 1,99 dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. 3) ada pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji F sebesar 11.371 kemudian dikonsultasikan dengan F-tabel (Ft 5%) yaitu 3,12, dimana F- hitung lebih besar dari pada F-tabel (11.371 > 3,12 ) dengan signifikan 0,000 < 0,005. Kemanfaatan lembar kerja siswa dan Kemandirian belajar berpengaruh sebesar 23,3% sedangkan sisanya 76,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
References
Ardianingsih. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAS Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI BALI.
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Damyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rieneke cipta.
Galus. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI BALI.
Handayani. 2013. Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hamalik. Oemar. 2000. Psikologi belajar dan Mengajar . Bandung : Sinar baru
Algesindo.
Nahor. 2016. Hubungan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Pohan. 2019. Pengaruh Penggunaan Buku LKS Dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Yayasan Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Prastowo, Andi.2011.Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Pers.
Serang,2018. Pengaruh Nilai Tugas Dan Nilai Ulangan Harian Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kuta Utara Dalung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI BALI.
Slameto. 2003.Belajar dan Factor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta :
Rineka Cipta.
Sucahyanti.2019.Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK N 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI BALI.
Sugiyono.2010.Statitiska Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
.2014.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung :Penerbit Alfabeta CV.
Sukmadinata,Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung. PT. Remaja Rosdarya.
Suryabrata,Semadi.2003.Metodelogi Penelitian.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.
Wardani.2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua Siswa dan Konsentrasi Belajar SiswaTerhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu