Pengaruh Kompetensi Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAK Soverdi Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020

The Influence of Teacher Competence And Student Interes To Learning Achievement In Economic Class XI IPS SMAK Soverdi Tuban 2019/2020 Academic Year

Authors

  • Indah Sari Stefani Nur
  • Anggreni Ni Putu Yesy

Keywords:

Kompetensi Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAK Soverdi Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAK Soverdi Tuban yang anggota sampel diambil berjumlah 92 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Propotional Random Sampling yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi dengan mengujian analisis regresi linier dua prediktor dan uji analisis determinasi dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada Pengaruh Kompetensi Guru (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) hal ini di dasarkan oleh nilai thitung = 2,401 > ttabel = 1,986. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada Pengaruh Minat Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y), hal ini di dasarkan oleh nilai thitung = 2,751 > nilai ttabel yaitu 1,986. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada Pengaruh Kompetensi Guru (dan Minat Belajar ( Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y) Pada Siswa Kelas XI IPS SMAK Soverdi Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan nilai Fhitung = 3,728 dan nilai signifikansi sebesar  0,000. Hal ini jika dibandingkan dengan Ftabel maka Fhitung = 3,728 > Ftabel = 3,10.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Sanjaya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asdiqoh, Siti. 2015. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Trust Media Publis

Asmara. 2011. Prestasi Belajar. http://prestasi-belajar-siswa.blogspot.com/ 2013/07pengertian-prestasi-belajar-definisi.html diakses sabtu 31 januari 2015.

Chozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete dengan program SPSS. Edisi ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Damay, Denidya. 2012. Panduan Sukses Sertifikasi Guru. Yogyakarta : Araska

Depdiknas. 2012 UU No.12 Tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hariyana, Gani. 2010. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Pekanbaru. Skripsi, Universitas Riau.

Hurlock, Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Istiqamah, Fajar. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas BelajarTerhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 5 Gowa 2011/2012.E-Jurnal. University of Muhammadiyah Malang.

Jihat Asep& Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressimdo

Mardapi, Djemari Mardapi. 2013. Teknik Penyusunan instrument Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Perss

Mulyasa.2013. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya.

Musfah.2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta : Kencana.

Nurdin & Bakar. 2011. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Priansa, Doni Juni 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV Alfabeta

Priansa, Doni Juni. 2014. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya: Usaha Nasional

Suryabrata. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susanto. Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada media Group

Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman Uzer. M. 2011. Peranan Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Widiarsih, Tasya. 2017. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lasem. E-Jurnal. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-multikolonieritas-dengan-melihat.html)

http://koranbogor.com/berita/politik/upaya-menumbuhkan-minat-belajar-pada-siswa/)

Published

2020-09-03