Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020

The Effect of the Admission of New Students through the Zoning System on The Learning Achievement of Class X Students at SMA Negeri 1 Mengwi Academic Year 2019/2020

Authors

  • Metta Inka Sariati Ni Kadek Metta Inka
  • Astuti Ni Wayan Widi

Keywords:

Penerimaan Peserta Didik Melalui Sistem Zonasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang menggunakan sistem zonasi yaitu kelas X SMA Negeri 1 Mengwi yang berjumlah 291 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling, dimana sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa.. Pencapian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi (X) berpengarh terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) hal ini didasari oleh hasil uji t sebesar 3,826 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (2) Variabel Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi ( X) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) Kelas X  Di SMA Negeri 1 Mengwi Tahun 2019/2020 hal ini didasari oleh uji F sebesar 14,639 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (4) hasil koefisien uji determinasi menggunakan metode Adjust R square yaitu sebesar 51,0% Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi (X) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) sedangkan sisanya 49,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam variabel penelitian. Sehingga berdasarkan hasil uji diatas dapat disumpulkan terdapat pengaruh signifikan Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR RUJUKAN

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar, PT Rineka Cipta,Jakarta.

Desi Wulandari (2017). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Deyan Adi Pramadana (2019). Penerapan Media Pembelajaran Blog untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Bali: IKIP PGRI BALI.

Dimyati&Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, syaiful bahri. 2011. Psikologi belajar. Jakarta : rineka cipta

Eka Reza Khadowmi (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Kabupaten Lampung Tengah.Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Hanifah Uswatun Khasanah (2017) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo Tahun 2016/2017.

Hery Kiswanto (2017). Pengaruh Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Zonasi Terhadap Minat Memilih Jurusan, Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas X Di SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017.

https://id.quora.com/Apa-kelebihan-dan-kekurangan-sistem-zonasi-sekolah-dalam-penerimaan-siswa-baru

https://pelayananpublik.id/2019/08/01/makna-zonasi-tujuan-dan-manfaatnya/

https://www.genpi.co/berita/15183/kuota-90-persen-sistem-zonasi-timbulkan-5-dampak-buruk-ini?page=2

https://www.silabus.web.id/pengertian-peserta-didik/

https://junaidichaniago.wordpress.com

I Gusti Ayu Novia Antari (2013). Penerapan Model Pembelajaran Web Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII AK II SMK Negeri 1 Giayar Tahun 2018/2019.

Ni Nyoman Dewi Larianti (2017). Pengaruh Persepsi Remaja Putri Tentang Pernikahan Dini Terhadap Kecemasan Masa Depannya Di Banjar Gegaran, Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung 2017.

Ni Putu Ayu Damayanti (2019) Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di ATTA Kamaya Resort and Villa’s Sanur Tahun 2018.

Nur Anna Mira (2016). Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Makasar

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stefanus M. Marbun, S.Th, M,Pdk. 2018. Psikologi Pendidikan, Uwais Inspirasi

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, asri. Dkk. 2016. “ Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online”.

DAFTAR RUJUKAN

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar, PT Rineka Cipta,Jakarta.

Desi Wulandari (2017). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Deyan Adi Pramadana (2019). Penerapan Media Pembelajaran Blog untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Bali: IKIP PGRI BALI.

Dimyati&Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, syaiful bahri. 2011. Psikologi belajar. Jakarta : rineka cipta

Eka Reza Khadowmi (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Kabupaten Lampung Tengah.Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Hanifah Uswatun Khasanah (2017) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo Tahun 2016/2017.

Hery Kiswanto (2017). Pengaruh Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Zonasi Terhadap Minat Memilih Jurusan, Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas X Di SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017.

https://id.quora.com/Apa-kelebihan-dan-kekurangan-sistem-zonasi-sekolah-dalam-penerimaan-siswa-baru

https://pelayananpublik.id/2019/08/01/makna-zonasi-tujuan-dan-manfaatnya/

https://www.genpi.co/berita/15183/kuota-90-persen-sistem-zonasi-timbulkan-5-dampak-buruk-ini?page=2

https://www.silabus.web.id/pengertian-peserta-didik/

https://junaidichaniago.wordpress.com

I Gusti Ayu Novia Antari (2013). Penerapan Model Pembelajaran Web Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII AK II SMK Negeri 1 Giayar Tahun 2018/2019.

Ni Nyoman Dewi Larianti (2017). Pengaruh Persepsi Remaja Putri Tentang Pernikahan Dini Terhadap Kecemasan Masa Depannya Di Banjar Gegaran, Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung 2017.

Ni Putu Ayu Damayanti (2019) Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di ATTA Kamaya Resort and Villa’s Sanur Tahun 2018.

Nur Anna Mira (2016). Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Makasar

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stefanus M. Marbun, S.Th, M,Pdk. 2018. Psikologi Pendidikan, Uwais Inspirasi

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, asri. Dkk. 2016. “ Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online”.

Published

2020-09-03