Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020
Effects of Teacher Pedagogical Competence and Student Learning Discipline on Student Learning Achievement in Economic Subjects in Class XI MIPA of SMA Negeri 2 Mengwi 2019/2020 Academic Year
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Pengaruh Disiplin Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 231 orang siswa dengan jumlah sampel 70 orang siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi, dan Angket (Kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment dan analisis Regresi Linear Berganda. Analisis data diperoleh dengan menggunakan program SPSS 20 software. Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa, dengan hasil uji t diperoleh t-hitung sebesar 2,183 > 0,238, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil uji t sebesar diperoleh t-hitung sebesar 5,244 > 0,238, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji F sebesar 37,428 kemudian dikonsultasikan dengan F-tabel (37,428 > 3,13) dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Kompetensi pedagogik guru dan Disiplin belajar siswa berpengaruh sebesar 77,2% sedangkan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Downloads
References
DAFTAR RUJUKAN
Alma, dkk. 2009. Guru Profesional menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Bandung; Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta; Bina Aksara
Bungin. 2004, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada
Ghozali, Imam. 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung; Alfabeta
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung; Alfabeta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta; Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2013, Proses Belajar Mengajar. Jakarta; Bumi Aksara
Irwanto, dkk. 2016. Kompetensi Pedagogik. Jakarta; Bumi Aksara
Kadek Ardhi Yanthi, Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kelengkapan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Semester I Program Studi Seni Rupa SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2015/2016
Keputusan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan
Kurniasih, Imas dkk. 2017, Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori Dan Praktik. Jakarta; Kata Pena
Martono, Nanang. 2012, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada
Muhhibin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Ni Ayu Weko Ulandari, Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018
Ni Gusti Ayu Made Tryasryari, Pengaruh Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Sudarmanto, Gunawan. 2005. Analisis Linier Ganda Dengan SPSS. Yogyakarta; Raja Grafindo Persada
Sadulloh, Uyoh. 2011, Pedagogik (Ilmu Mendidik), Bandung; Alfabeta
Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit: Bandung; Alfabeta
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Manajemen, Penerbit; Bandung, Alfabeta
Sudijono, Anas. 2010, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta; Rajawali Press
Safrudin, Aziz. 2015, Pendidikan Keluarga. Yogyakarta; Gava Media
Suryani dan Hendriyadi, 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta; Prenandamedia GROUP
Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta; Rajawali Persada
Suyanto, dkk. 2013. Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Badung; Remana Rosdakarya
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya; Kencana Prenada Media Group
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta; Grasindo
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Walgito. Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta; Penerbit Andi
Widianto, Joko. 2012. SPSS For Windows. Surakarta; FKIP Universitas Muhamafiyah Surakarta