Pengaruh Lokasi Usaha Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Jasa Laundry Di Wilayah Pejeng Tahun 2019

The Influence of Bussines Location and Service Kuality on Castomer Statisfaction with Laundry Service in the Pejeng region in year 2019

Authors

  • Samyasa I Putu Yogi
  • Cahayani Ni Luh Putu

Keywords:

Lokasi, Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 yang diambil dari pelanggan pengguna jasa laundry yang berada di Desa Pejeng Kaja, pengambilan sampel menggunakan teknik non probality sampling teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner dengan pengujian analisis regresi linier dua prediktor dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan (1) variabel Lokasi (X1) berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y)  hal ini berdasarkan oleh nilai t-hitung 4,979 > 1,985. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α = 0,05). (2) variabel Kualitas Jasa (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y)  hal ini berdasarkan oleh nilai t-hitung 5,129 > 1,985. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α = 0,05). (3) variabel Kepuasan Pelanggan  (Y) nilai F-hitung  sebesar 22,890 > F-tabel 3,09. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α = 0,05). (4) hasil uji determinasi diketahui besarnya Adjusted R Square sebesar 24,9% variasi Kepuasan Pelanggan (Y) dipengaruhi oleh Lokasi (X1) dan Kualitas Jasa (X2) sedangkan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary Bayu Suputra, I Gusti dan Mandala, Kastawan. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Kredit pada PT. BPR Hoki Cabang Denpasar. Denpasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Ayu Damayanti, Ni Putu. 2018. Pengaruh Fasilitas dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen di Atta Kamaya Resort and Villa”s Sanur. Denpasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bali.

Ayu Dian Antarini, I Gusti. 2017. Pengaruh Lokasi dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Ari Canti di Mas, Ubud, Gianyar. Ubud. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Hindu Dharma Denpasar.

Basu, Swastha. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamdani, A dan Lupyoadi. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 3.

Jenitha Rosalia, Kiky dan Purnawati, Ni Ketut. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Ruamah Sakit Surya Husada Denpasar. Denpsar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Laksana, Fajar. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Lupiyohadi, Rambat, dan Hamdai, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta CV.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta CV.

Suyoto, Danang. 2013. Teori Kuisioner dan Aanalisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen Jasa.Yogyakarta: Andi Offset CV.

Tjiptono, Fandy. 2010. Manajemen Jasa Edisi Kedua.Yogyakarta: Andi Offset CV.

Zelia Siska Mey Utami, Putu. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia Cabang Gianyar di Gianyar. Skripsi. Universitas Hindu Indonesia Denpasar

Published

2020-09-01