PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA SLUA (SARASWATI) 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Ni Luh Putu Cahayani Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA SLUA (SARASWATI) 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hasil analisis regresi menunjukkan : 1) Adanya korelasi dan pengaruh  yang positif dan signifikansi secara parsial antara variabel Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dari nilai korelasi Product Moment dimana koefisien rhitung ≥ rtabel (0,929 ≥ 0,131) dengan taraf signifikan 5% dan hasil uji t parsial dengan nilai thitung> ttabel atau 5,249 > 1,970 dan memiliki nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. 2) Adanya korelasi dan pengaruh  yang positif dan signifikansi secara parsial antara variabel Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dari nilai korelasi Product Moment dimana koefisien rhitung ≥ rtabel (0,958 ≥ 0,131) dengan taraf signifikan 5% dan hasil uji t parsial dengan nilai thitung> ttabel atau 13,851 > 1,970 dan memiliki nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. 3) Adanya korelasi dan pengaruh  yang positif dan signifikansi antara variabel Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh harga Ry(1,2) = 0,947, dan R2y(1,2) = 0,897 dengan harga Freg = 955,002≥ Ft5% 2,32. Disertai dengan Sumbangan Relatif variabel X1 = 69,94% dan  X2 = 30,06%. Efektifitas garis regresinya sebesar 89,71% terdiri dari sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel Lingkungan Sekolah sebesar = 62,74% dan variabel Disiplin Belajar sebesar = 26,97%. Sedangkan sisanya 10,29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Surahkmad. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Cochran, William,G. Terjemahan Rudiansyah. 1991. Tehnik Penarikan Sampel.

Penerbit: Universitas Indonesia.

Djaali, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Muhammad Ali Gunawan. 2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan.

Yogyakarta: Parama Publishing.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Syah. Muhibbin.2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Tu’u Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Disiplin Siswa. Jakarta:

Grasindo Wijaya.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Harvarindo.

(http://edukasi.kompasiana.com.2012).

Published

2018-02-14