PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA SLUA (SARASWATI) 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keywords:
Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar EkonomiAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA SLUA (SARASWATI) 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.
Hasil analisis regresi menunjukkan : 1) Adanya korelasi dan pengaruh yang positif dan signifikansi secara parsial antara variabel Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dari nilai korelasi Product Moment dimana koefisien rhitung ≥ rtabel (0,929 ≥ 0,131) dengan taraf signifikan 5% dan hasil uji t parsial dengan nilai thitung> ttabel atau 5,249 > 1,970 dan memiliki nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. 2) Adanya korelasi dan pengaruh yang positif dan signifikansi secara parsial antara variabel Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dari nilai korelasi Product Moment dimana koefisien rhitung ≥ rtabel (0,958 ≥ 0,131) dengan taraf signifikan 5% dan hasil uji t parsial dengan nilai thitung> ttabel atau 13,851 > 1,970 dan memiliki nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. 3) Adanya korelasi dan pengaruh yang positif dan signifikansi antara variabel Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh harga Ry(1,2) = 0,947, dan R2y(1,2) = 0,897 dengan harga Freg = 955,002≥ Ft5% 2,32. Disertai dengan Sumbangan Relatif variabel X1 = 69,94% dan X2 = 30,06%. Efektifitas garis regresinya sebesar 89,71% terdiri dari sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel Lingkungan Sekolah sebesar = 62,74% dan variabel Disiplin Belajar sebesar = 26,97%. Sedangkan sisanya 10,29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Arikunto, Surahkmad. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Cochran, William,G. Terjemahan Rudiansyah. 1991. Tehnik Penarikan Sampel.
Penerbit: Universitas Indonesia.
Djaali, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Muhammad Ali Gunawan. 2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan.
Yogyakarta: Parama Publishing.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Syah. Muhibbin.2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Tu’u Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Disiplin Siswa. Jakarta:
Grasindo Wijaya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Harvarindo.