Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di Swalayan Titi Rejeki Tahun 2019

Keywords:

Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Dalam perkembangan ekonomi dewasa ini, penyebaran swalayan  telah meluas, baik dalam kawasan tengah kota maupun daerah pinggiran kota, swalayan adalah sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari-hari. Seperti bahan makanan, minuman, dan barang kebutuhan seperti tissue dan lain sebagainya. Para konsumen atau pembeli baik yang berada di perkotaan ataupun pinggiran kota cenderung memilih untuk berbelanja di swalayan, dimana ketersediaan barang yang hampir serba ada, tempat yang terbilang bersih, dan proses mencari keperluan yang dilakukan secara mandiri atau yang sering disebut swalayan, membuat para konsumen lebih nyaman untuk berbelanja keperluannya.

Swalayan dapat dengan mudah mempengaruhi konsumen dan secara cepat dapat mengarahkan keputusan dari konsumen. Dengan cara pemasarannya swalayan dapat menarik simpatik konsumen dengan strategi yang digunakannya. Strategi pemasaran menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk mewujudkan tingkat kepuasan konsumen yang maksimal selain itu juga untuk mempertahankan konsumen agar tidak berpindah ke tempat lain.

Swalayan Titi Rejeki merupakan salah satu usaha yang menjual kebutuhan sehari hari  dengan menyediakan kebutuhan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan laba dari hasil penjualan produk secara optimal. Agar tujuan tersebut dapat tercapai dan dapat memenangkan persaingan di bidang usaha ini, setiap swalayan bersaing untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat memuaskan konsumen dan mendapatkan konsumen sebanyak banyaknya dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh Fasilitas dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas konsumen di Swalayan Titi Rejeki. Populasi dalan penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di swalayan Titi Rejeki dengan mengambilan sampel menggunakan tehnik  accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Fasilitas  (X1)  berpengaruh terhadap loyalitas  Konsumen (Y) hal ini di dasarkan oleh bahwa nilai thitung 8,562 lebih besar dari ttabel yaitu 1,989. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α=0.05). Variabel Kepuasan Konsumen (X2)  bahwa nilai thitung 9,248 lebih besar dari ttabel yaitu 1,989 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α=0.05).  Pengaruh Fasilitas  (X1) dan Kepuasan Konsumen  (X2) terhadap Loyalitas Konsumen  (Y), diketahui bahwa nilai thitung 8,812 lebih besar dari ttabel yaitu 1,989. hasil uji determinasi diketahui bahwa besarnya nilai R Square adalah sebesar 0,512 yang artinya sebesar 51,2% variasi Loyalitas Konsumen  (Y) dipengaruhi oleh Fasilitas  (X1) dan Kepuasan Konsumen  (X2), sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-11-19