Pengaruh Kreatifitas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali Tahun Akademik 2018/2019

Authors

  • I Ketut Sudana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

kreatifitas, minat belajar, hasil belajar

Abstract

Sistem Informasi Manajemen memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana memanfaatkan sistem informasi sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Sehingga dalam penerapannya diperlukan kreatifitas dan minat untuk mau belajar.

Penelitian dengan judul “Pengaruh Kreatifitas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI BALI Tahun Akademik 2018/2019” bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Kreatifitas Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI BALI Tahun Akademik 2018/2019, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI BALI Tahun Akademik 2018/2019, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Kreatifitas Dan Minat Belajar secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI BALI Tahun Akademik 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear dua prediktor. Untuk mengetahui nyata tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat maka dilakukan pengujian dengan melakukan analisis regresi, yaitu analisis variansi garis regresi untuk menemukan harga F garis regresi, yang kemudian dapat diuji signifikan atau tidaknya harga F tersebut, kemudian mencari Sumbangan Relatif (SR) masing – masing prediktor X1 dan X2 terhadap kriterium Y dari analisis regresi dua Prediktor, dan mencari sumbangan Relatif (SR) masing – masing prediktor X1 dan X2 terhadap kriterium Y dari analisis regresi dua Prediktor. Subjek penelitian yaitu Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali, dengan objek penelitian adalah Seluruh Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali.

Berdasarkan hasil analisis prediksi dua prediktor yaitu, prediktor X1 (kreatifitas) dan X2 (minat belajar) terhadap Y (hasil belajar), diperoleh harga Freg sebesar 4,59.  Dengan (N-m-1) dalam kasus ini db = 67/2 dengan taraf signifikasi 5% nilai Ftabel sebesar 3,13. Ini berarti bahwa, garis regresi yang di analisis signifikan untuk dijadikan landasan prediksi karena terdapat kontribusi yang signifikan antara kriterium (Y) dan prediktor-prediktor (X1, X2). Sumbangan Relatif (SR) dalam % tiap prediktor adalah : Prediktor X1 = 79,82 % dan Prediktor X2 = 20,18% terhadap kriterium Y pada Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali. Berdasarkan hasil tersebut garis regresinya sebesar 12,06 % yang terdiri dari sumbangan efektif prediktor X1 (kreatifitas) = 9,63%. Dan sumbangan efektif prediktor X2 (minat belajar) = 2,43%. Sedangkan sisanya sebesar 87,94% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Berdasarkan hasil analisis diatas diharapkan mahasiswa lebih serius lagi dalam mengikuti setiap perkuliahan yang diberikan dosen. Sehingga hasil belajar mahasiswa dapat lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-02